Cidera Fisik? Ini Kemungkinan Waktu Pulihnya
10 February 2019
Promil dengan Terapi? Anda Percaya?
11 February 2019
Show all

Merawat Jantung Dengan Pendekatan Kedokteran Timur

Merawat Jantung Dengan Pendekatan Kedokteran Timur

Jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh kita. Organ yang berdetak tanpa kita sadari ini memiliki fungsi yang sangat vital dalam kelangsungan hidup kita. Dalam kedokteran timur untuk menggambarkan pentingnya organ jantung dianalogikan sebagai “Raja”. Analogi raja untuk menggambarkan betapa penting posisi organ tersebut dan betapa besar pengaruhnya dalam keberlangsungan kerja organ lainya.

Dalam kedokteran timur masalah dikaji dalam beberapa pola diantaranya pola dalam luar, pola lemah kuat. Pola dalam luar maksudnya adalah penyakit bisa disebabkan karena faktor dari dalam tubuh berupa kerusakan organ, kerusakan pembuluh darah, kerusakan kelenjar, dll. Ada pula penyakit yang disebabkan karena faktor dari luar, mungkin karena pengaruh angin, pengaruh panas, pengaruh racun, dll. Sedangkan pola lemah kuat maksudnya adalah kondisi dimana organ terlalu kuat atau terlalu lemah. Jika terlalu kuat bisa menimbulkan efek yang kurang baik ataupun sebaliknya.

jantung dalam TCM

jantung dalam TCM

Jika melihat kondisi jantung dari kedokteran timur problemnya bisa jadi seperti tersebut. Bisa karena saking kuatnya atau bisa karena saking lemahnya. Bisa karena faktor dari dalam atau bisa karena faktor dari luar.

Dalam kesempatan ini coba kita bahas dari pola kuat dan lemah. Dalam kondisi tertentu kerja jantung bisa sangat berlebih sehingga bisa menimbulkan masalah. Jika berlebih energinya bisa jadi menjadikan jantung lemah, jika berlebih pasokan energinya membuat jantung exces (over).

Pendekatan perawatan dan terapi yang kita harus lakukan adalah mengembalikan kondisi tersebut agar kembali seimbang. Tidak terlalu lemah dan tidak terlalu kuat atau ekses. Langkah teknisnya banyak. Yang utama adalah memahami bahwa ketidakseimbangan dalam kinerja jantung kita menimbulkan keluhan keluhan yang selama ini dirasakan.

Perawatan dan terapi yang baik adalah yang membantu dengan segera agar kondisi jantung kembali membaik dan stabil. Pengobatan tidak sama sekali bertentangan dengan terapi. Pengobatan memasukan obat ke dalam tubuh sedang perawatan dan terapi memaksimalkan fungsi tubuh untuk membantu mencapai keseimbangan. Tercapainya keseimbangan adalah tujuan utama dari perawatan dan terapi.

Admin
Admin
marisembuh.com

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *