Cidera Fisik? Ini Kemungkinan Waktu Pulihnya

Secara umum dalam permasalahan cidera musculoskeletal selalu terkait dengan tulang, otot, ligament, tendon, cartilage dan disc. Cidera musculoskeletal biasanya terjad saat kita melakukan aktifitas yang berlebih atau aktifitas yang beresiko sehingga membuat satu diantara bagian musculoskeletal mengalami cidera.

Dalam proses penyembuhan cidera musculoskeletal proses kesemebuhanya memiliki waktu yang berbeda – beda. Perawatan dan terapi memang menentukan tapi bagian – bagian musculoskeletal memiliki potensi untuk sembuh lebih cepat sesuai kondisi masing – masing. Berikut potensi kesembuhan bagian – bagian tersebut;

  1. Otot

Otot memiliki banyak pembulu darah pada bagian – bagianya. Pembulu darah mengalirkan darah yang berisi nutrisi pada otot sehingga otot bisa terus bekerja maksimal. Jika terjadi cidera atau kerusakan pada otot biasanya akan lebih mudah sembuh karena banyaknya suplai darah pada otot. Suplai darah mendukung percepatan kesembuhan pada bagian yang cidera. Banyaknya aliran darah pada otot ditandai dengan tanda hitam , biru (lebam) jika terjadi trauma pada daerah tersebut.

otot banyak pembulu darah
otot banyak pembulu darah
  1. Tulang

Kondisi tulang jika dilihat dari banyaknya aliran darah pada bagianya hampir sama dengan otot. Sehingga tulang memiliki potensi kesembuhan yang cepat pula. Tulang meskipun terkesan kaku dan keras justru memiliki potensi untuk sembuh lebih cepat dibandingkan ligament dan tendon. Dinamisnya regulasi peredaran darah pada tulang mendukung tulang sembuh lebih cepat. Biasanya sembuh dalam lima sampai enam minggu.

tulang
  1. Tendon dan Ligament

Ligamen dan tendon memiliki struktur yang berbeda dengan otot dan tulang. Bagian ini adalah bagian yang lebih sedikit pembulu darahnya. Sehingga sirkulasi darah pada bagian ini sangat minim. Hal iniyang membuat proses kesmebuhan bila terjadi cidera pada bagian ini perlu waktu yang lebih lama lagi untuk sembuh. Biasanya tendon dan ligament yang cidera perlu enam sampai delapan minggu untuk sembuh.

Baca Yang Ini  Terapi Jogja : Perbedaan antara roh dan jiwa
tendon bagian yang lebih padat dari otot
tendon bagian yang lebih padat dari otot
  1. Cartilage dan Disk

Cartilage dan disk merupakan bagian yang lebih sedikit lagi sirkulasi darahnya. Mengubungkan antara ruas tulang belakang sehingga bisa memiliki fleksibilitas yang baik meski terbatas. Jika bagian ini mengalami cidera maka perlu waktu sekitar tiga sampai enam bulan untuk sembuh. Biasanya diperlukan tindakan operasi, sedang perawatan dan terapi  bisa dioptimalkan pasca operasi untuk mendukung proses kesmebuhan.

cartilage dan disk
cartilage dan disk

Setiap bagaian memiliki potensi kesembuhan yang bermacam – macam. Perawatan dan terapi komplementer sangat mendukung proses kesembuhan dan kenyamanan. Jika anda memerlukan perawatan dan terapi komplementer untuk perawatan cidera, silahkan bisa menghubungi klinik kami. Klinik Perawatan & Terapi Komplementer Tulus Sehati. 0858-6713-0908.

Cidera Fisik? Ini Kemungkinan Waktu Pulihnya
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *