sleman
Akupuntur Sleman
29 June 2019
Metode Baru dalam Terapi Bell’s Palsy
30 June 2019
Show all

Terapi Hamil Akupuntur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Photo by : CuraCore

Bagi pasangan yang berharap sekali menerima momongan tetapi tidak kunjung datang, mungkin terapi kesuburan yaitu alternatif yang tepat. Terutamanya jika usia wanita telah melebihi 35 tahun.

Baca juga : Terapi akupuntur jogja 

Ada banyak teknik terapi kesuburan yang dapat dilakukan dikala menjalani program hamil bagi pasangan yang mengalami problem infertilitas. Memilih teknik yang tepat harus disesuaikan kepada penyebab infertilitas yang diderita oleh kedua pasangan atau salah satu pasangan.  Selain itu, menentukan teknik terapi kesuburan juga berdasarkan kepada riwayat kesehatan seseorang dan usianya.

 

Macam Terapi Kesuburan dalam Program Hamil

 

Metode lazim, terapi kesuburan dibagi menjadi tiga tipe. Yang pertama yaitu terapi kesuburan dengan menggunakan obat-obatan. Terapi kedua yaitu dengan prosedur bedah. Selain terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan cara inseminasi buatan dan bayi tabung.

 

Terapi lewat obat-obatan

 

Obat-obatan yang diaplikasikan untuk menolong menyukseskan program hamil lewat terapi kesuburan yaitu clomifene. Obat ini berfungsi menyokong pelepasan sel telur terjadi secara teratur. Obat-obatan ini diberikan kepada perempuan yang mengalami proses ovulasi tidak teratur atau tidak dapat berovulasi sama sekali. Untuk problem yang sama, tamoxifen mungkin akan dijadikan sebagai obat alternatif oleh dokter.

Selain itu, untuk menstimulus ovulasi pada wanita, dapat juga diberikan hormon GnRH (Gonadotrophin-releasing hormon) atau dopamin. Hormon gonadotropin juga dapat diberikan untuk menstimulus ovulasi dan berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan pria. Situasi wanita tersebut mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS), karenanya obat yang lazim diberikan yaitu metformin. PCOS sendiri umumnya ditandai dengan adanya kista di dalam ovarium, tidak teraturnya ovarium dalam melepaskan sel telur, dan terlalu tingginya kadar hormon androgen dalam tubuh.

 

Terapi kesuburan lewat operasi

 

Salah satu operasi untuk terapi kesuburan yaitu operasi untuk mengatasi problem di saluran tuba falopi. Operasi ini dilakukan jika saluran sel telur tertutup atau terdapat bekas luka oleh karena penyakit terdahulu seperti infeksi atau radang yang menyebabkan terbentuk jaringan parut di saluran telur.

Operasi juga mungkin diperlukan jika terdapat sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di area lain dalam tubuh, yang disebut dengan endometriosis. Seorang wanita yang meski telah diberikan obat-obatan untuk mengatasi PCOS tetapi masih belum kunjung sembuh, juga dapat menjalani prosedur operasi. Operasi untuk mengatasi PCOS lazim disebut sebagai diatermi ovarium.

Tindakan lain yang mengganggu kesuburan seorang wanita dan dapat ditangani dengan operasi yaitu fibroid atau miom. Operasi menghilangkan fibroid akan dipertimbangkan jika penyebab infertilitas lainnya tidak dapat ditemukan.

Pilihan operasi dalam terapi kesuburan dapat juga dilakukan pada pria. Metode ini dapat dilakukan dikala sperma terhambat oleh adanya kelainan di dalam epididimis (penyimpan sperma) dalam testis. Operasi juga diperlukan untuk mengatasi varises testis pada pria dengan jumlah sperma abnormal.

 

Pilihan  Program Hamil

 

Anda sudah menjalani terapi kesuburan dengan sebagian cara yang telah disebutkan di atas tetapi belum juga mendapatkan keturunan, Anda mungkin perlu memutuskan untuk mencoba program hamil lainnya.

Salah satu metode yang tepat untuk terapi kesuburan adalah dengan terapi akupuntur. Terapi kesehatan yang satu ini telah ada sejak ratusan tahun lalu

 

Sembilan Manfaat Terapi Hamil Akupuntur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

 

Promi atau program hamil adalah program yang dirancang untuk meningkatkan peluang kehamilan. Program ini biasanya dijalankan oleh pasangan yang mengingkan segera mendapat keturunan. Baik yang secara normal belum dapat keturunan atau karena suatu kendala yang menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi hingga belum dapat keturunan.

Bentuk program hamil sangat beraneka ragam, dari A sampai Z, dari menggunakan dukun sampai bayi tabung. Ada orang yang sudah mencoba dari A sampai Z tapi belum berhasil, ada yang baru mencoba A sampai D kemudian berhasil. Adaya yang bolak balik dari A sampai Z kemudian coba lagi A sampai Z baru berhasil. Hal yang wajar coba – coba, dalam prespektif sosial fitrahnya jika punya masalah pasti ingin segera dapat solusi.

Salah satu metode program hamil adalah dengan menggunkan terapi komplementer. Terapi komplementer sangat banyak, salah satu diantaranya yang sudah banyak diteliti adalah akupuntur. Terapi akupuntur bukan hanya dipercaya, tapi juga sudah terbukti memberikan andil yang cukup signifikan dalam program hamil. Sudah banyak jurnal dan buku yang diterbitkan tentang hal ini. Dalam kesempatan lain akan kami sertakan.

Informasi ilmiyah yang kami dapat tentang terapi komplementer khususnya akupuntur dalam meningkatkan keberhasilan program hamil kami rangkum dalam bahasan ini. Setidaknya ada Sembilan alasan kenapa program hamil dengan terapi akupuntur dapat meningkatkan peluang kehamilan. Berikut ke sembilan alasan tersebut.

 

  1. Meningkatkan fungsi ovarium dengan harapan menghasilkan kualitas telur yang lebih baik.
  2. Menstimulus hormon dengan harapan menghasilkan folikel dalam jumlah yang lebih banyak.
  3. Meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan kesehatan lapisan rahim.
  4. Meningkatkan rilexsitas dan menurunkan tingkat stres.
  5. Mencegah rahim berkontraksi.
  6. Mengurangi efek samping dari penggunaan obat yang diminum dalam rangka promil.
  7. Menguatkan sistem imun.
  8. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma (semen).
  9. Menurunkan resiko keguguran dini.

 

Terapi akupuntur bekerja secara alami meningkatkan asupan darah dan oksigen pada ovarium. Peningkatan ini memberikan efek positif, yakni meningkatkan kualitas telur yang dihasilakan. Dengan peningkatan ini diharapkan akan lebih mudah dibuahi. Sehingga kemungkinan untuk terjadinya peluang kehamilan semakin besar.

Stress merupakan salah satu faktor yang menurunkan kualitas sperma dan sel telur. Terapi akupuntur akan membantu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi tingkat stress. Jika stress berkurang peluang kehamilan pastinya akan bertambah besar.

Terapi akupuntur bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas sperma dan kuantitasnya. Kualitas dan kuantitas sperma diyakini menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam proses kehamilan. Terapi yang diarahkan pada organ vital pria akan memperbaiki sistem reproduksi pria, sehingga jumlah dan kualitas seperma akan meningkat. Selain terapi akupuntur juga bisa delengkapi dengan terapi makanan untuk mempercepat peningakatan jumlah sperma. Contoh makanan yang sering digunakan sebagai pelengkap adalah teripang, daging kambing, madu, pasak bumi, dll.

Bagi yang sedang menjalani promi dengan pengobatan masih bisa dibarengi dengan promil terapi. Kedua hal tersebut tidak berlawan, justru saling menguatkan. Jika kita berharap maksimal tentunya mencoba mengabungkan keduanya adalah hal yang positif.

Baca juga : terapi bekam jogja

Semoga bermanfaat. Dalam kesempatan lain akan kita bahas satu persatu sembilan alasan tersebut. Layanan Program Hamil Balai Perawatan & Terapi Komplementer Tulus Sehati. 0858-6713-0908

 

KLINIK PERAWATAN DAN TERAPI KOMPLEMENTER MARI SEMBUH                                               

Informasi & Reservasi

0858-6713-0908

Jl. Tegal Melati No 84 B Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

 

 

Admin
Admin
marisembuh.com

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *