akupuntur sleman
Terapi Fashdu Jogja
29 June 2019
sleman
Akupuntur Sleman
29 June 2019
Show all

Terapi akupuntur jogja, pengobatan alami menyembuhkan berbagai penyakit yang telah terbukti ratusan tahun

photo by : Nitschke Chiropractic Centre

Mengenal Istilah Dalam Akupuntur

Dalam terapi jarum atau terapi akupuntur jogja ada beberapa istilah yang digunakan dalam proses terapinya. Istilah ini berhubungan dengan proses kerja terapi tradisonal ini. Mengetahui istilah – istilah ini akan membuat kita semakin memahami manfaat akupuntur. Sedang untuk pasien mengetahui istilah dalam terapi akupuntur akan menambah kenyamanan dalam terapi dan mengurangi rasa kekawatiran. Selain itu membuat pasien akan mudah berdiskusi dengan terapis akupuntur yang sedang menterapi mereka. Berikut istilahnya

 

1 Sensasi Deqi (The Chi)

 

Deqi secara awam adalah rasa yang timbul setelah jarum dimasukan. Rasa ini beranekam macam, dari berupa rasa penuh, rasa baal, rasa nyeri tumpul, rasa hangat, rasa nyeri menjalar, dll. Dalam beberapa metode terapi akupuntur mendapatkan rasa deqi adalah keharusan, karena dengan terjadinya deqi berarti penterapis telah memilih titik yang tepat dalam terapinya. Dalam beberapa kasus deqi tidak diperbolehkan karena akan menguras banyak energi.

Baca juga : terapi akupuntur jogja

 

2 Ah shi Points

 

Ashi point atau yang diistilahkan dengan trigger point dan tender points adalah titik yang memiliki sensitifitas lebih jika di tekan. Sehingga jika titi tersebut ditekan pasien akan merasakan sakit, hingga disitilahkan dengan ah shi (pasien mengtakan ah sakit) jika point tersebut ditekan. Titik ini bisa jadi ada pada jalur meridian akupuntur atau berada di luar jalur akupuntur. Untuk mencari titik ini anda bisa menekan – nekan bagian merdian akupuntur dan sekitarnya, pilih yang menimbulkan rasa sakit maka itulah ah shi point. Ah shi point biasa digunakan untuk terapi nyeri.

 

3 Dry Needling atau jarum kering

 

Metode penjaruman pada terapi akupuntur jogja untuk kasus – kasus analgesia atau pada kasus – kasus nyeri.

Propagation Sensation Along the Channels (PSC)

Rasa penjalaran nyeri tumpul, penuh, hangat sepanjang meridian setelah rangsangan titik akupuntur. Dalam bahasa awam sensasi ini seprti rasa nyeri ringan yang terus berjalan di sekitar garis meridian. Rasa nyeri ini tidak begitu kuat dan biasanya akan hilang setelah lima sampai sepuluh menit.

 

4 Fen atau Cun

Ukuran untuk mengukur panjang jarum dan lokasi titik pada tubuh. Ukuran ini menggunakan jari – jari tangan sebagai alat bantu ukurnya. Praktisi akupuntur tradisional lebih sering menggunakan ukuran ini daripada praktisi akupuntur modern. Anda bisa mengetahui ukuran tersebut dengan melihat demo di youtube.

5 Meridian

 

Adalah jalur energi yang tidak nampak pada tubuh manusia. Jalur ini menjulur ke semua permukaan tubuh, menghubungankan tubuh dari dalam ke luar, dari luar ke dalam. Anda bisa merasakanya tapi tidak bisa melihatnya. Jalur ini ada 12 jalur utama, 8 jalur tambahan. Semuanya digunakan dalam prose terapi. Ini contoh jalur meridian dalam bentuk animasi. (Gambar jalur meridian)

 

6 Zang Fu

 

Zang Fu adalah istilah untuk organ dalam kedokteran cina. Zang untuk organ padatan (tidak berongga) sedang Fu untuk organ yang berongga. Conto organ zang ; hati, ginjal, paru, limpa, jantung. Contoh organ berongga antara lain, usus kecil, usus besar, lambung, kandung kemih, pericardium, pancreas. Jika dilihat lebih dalam nanti organ – organ tersebut akan saling berhubungan.

 

Akupuntur Untuk Nyeri       

 

Terapi akupuntur jogja sudah diakui oleh dunia kesehatan sebagai salah satu terapi yang bisa digunakan sebagai terapi komplementer atau tambahan pada kasus – kasus tertentu. Penelitian sudah banyak dilakukan oleh para ilmuan di bidang kedokteran dan hasilnya menunjukan bahwa terapi ini memiliki manfaat yang signifikan untuk mengurangi nyeri.

Terapi akupuntur akan sangat membantu dalam penangana kasus – kasus nyeri. Seringkali hanya dengan terapi akupuntur selama beberapa menit sesansi nyeri yang dirasakan oleh penderita akan berkurang atau bahkan hilang (sembuh).

Pendekatan dalam terapi akupuntur menggunakan diagnosa kedokteran timur. Dimana inti diagnosanya adalah keseimbangan tubuh. Jika kondis tubuh seimbang dan selaras maka penyakit akan sembuh atau tubuh akan kembali sehat seperti semula.

Selama ini terapi akupuntur digunakan untuk kasus – kasus

  • Nyeri punggung
  • Nyeri saraf terjepit
  • Nyeri leher
  • Nyeri pergelangan tangan
  • Nyeri perut bagian atas
  • Nyeri penis (alat kelamin laki – laki)
  • Nyeri atau sesasi kekauan pada leher ke bawah
  • Nyeri kepala (pusing) atau vertigo
  • Nyeri wajah (bell’s palsy)
  • Nyeri merata (pain syndrome) sindrom nyeri

Dan nyeri – nyeri lainya.

Ketika kami belajar terapi komplementer untuk kasus – kasus nyeri kami sempat tercengang karena keefektifan terapi akupuntur untuk nyeri. Karena seperti sulit dipahami bahwa terapi dengan metode yang sangat sederhana ini bisa sangat efektif untuk nyeri. Setelah didalami ternyata memang hal yang mudah menghilangkan nyeri dengan akupuntur.

Mekanisme perawatan nyeri dengan akupuntur sudah banyak diteliti oleh para ahli. Mekanismenya sangat logis dan ilmiyah. Karena melibatkan body mekanisme yaitu cara tubuh bekerja dan menyelesaiakan problem yang dialaminya. Jika anda ingin mengetahuinya anda bisa coba tuliskan kata kunci pain and acupuncture di mesin pencarian google, anda akan dapatkan ratusan jurnal yang membahas permasalahan tersebut.

Jika diamati perkembangan terapi komplementer di luar negeri, terapi – terapi yang sifatnya pelengkap dan pendukung mulai dijadikan alternative utama selain perawatan medis. Hal ini disebabkan karena kegagalan perawatan medis dalam beberapa sisi dalam penanganan problem kesehatan. Salah satu diantarnya adalah problem nyeri atau pain.

Pendekatan penanganan nyeri di rumah sakit biasanya dilakukan dengan analgesic atau obat pereda rasa nyeri. Pendekatan ini berdasar pada teori penaikan ambang batas nyeri pada seseorang. Dengan intervensi analgesic, ambang batas nyeri seseorang akan bertambah atau naik. Dengan naiknya ambang batas nyeri, rasa nyeri yang biasanya dirasakan akan berkurang atau tidak terasa karena ambang batasnya naik. Cara ini kelihatan baik dan moden, akan tetapi cara ini hanya bertahan sebatas pengaruh obat atau analgesic  masih ada. Jika sudah tidak ada maka tubuh akan kembali merasakan nyeri dan harus minum lagi jika ingin nyerinya berkurang atau kurang lagi. Begitu seterusnya sampai penyabab utama nyeri dapat diselesaikan.

Terapi akupuntur memberikan solusi pada dasar masalah nyeri. Boleh dibilang menghilangkan apinya bukan sekedar asapanya. Sehingga proses kesembuhan nyeri dengan terapi akupuntur adalah sangat tepat dan baik. Jika sudah benar – benar selesai, pasti rasa nyeri tidak akan kembali lagi. Itu karenaya terapi akupuntur diakui sebagai salah satu terapi warisan dunia oleh WHO atau badan kesehatan dunia.

Layanan Terapi Akupuntur untuk Perawatan Dan Terapi Cidera

Layanan akupuntur dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah cidera otot. Layanan terapi cidera dengan akupuntur adalah layananan yang difokuskan untuk kasus – kasus sport injury atau cidera otot. Tujuanya utama perawatan adalah untuk mempercepat proses kesembuhan dan meningkatkan kenyamanan selama proses pemulihan.

Pendekatan yang digunakan dalam layanan perawatan dan terapi cidera tulus sehati adalah pendekatan perawatan dan terapi komplementer. Tindakan berupa pijat, bekam (cupping), akupresure, akupuntur, penyinaran, pemanasan (moksa), dan bloodletting bisa diberikan sesuai kasus. Ditambah dengan minyak oles bahan herbal, minyak cidera otot, herbal cidera (diminum), dll yang bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan. Harapan bersama pulih dalam 2 atau 3 hari.

Perawatan & Terapi Yang Tersedia

  • Angkle Sprain (Terkilir)
  • Achilles Tendinitis
  • Cidera (terkilir) punggung bawah atau atas
  • Luka memar menghitam labam  (Bruises)
  • Lebam dalam hematom (Contusions)
  • Dislokasi Sendi
  • Tennis elbow (nyeri sendi siku bagian luar)
  • Lebam Mata (Hematom di sekitar mata)
  • Jari terkilir atau kesleo
  • Plantar fasciitis (inflamasi di kaki)
  • Hamstring Pulled (cidera hamstring)
  • Nyeri Paha
  • Terkilir lutut
  • Terkilir leher
  • Kram Otot
  • Sindrom Piriformis dan Sciatica
  • Bahu Terkilir
  • Bahu Kaku (Frozen Shoulder)
  • Terkilir pergelangan tangan

Dll.

Angkel sprain atau terkilir pergelangan kaki sering tejadi pada orang yang memiliki aktifitas tinggi dan beresiko. Penanganan pada kasus terkilir pergelangan kaki biasanya dengan berbagai macam metode. Metode yang sering dilakukan adalah pemijatan atau message. Tujuan utamanya adalah untuk melancarkan darah pada area yang mengalami sakit. Selain itu terapi akan lebih maksimal jika dilakukan dengan terapi akupuntur. Terapi akupuntur sangat membantu dalam permasalahan ini. Jika angkel sprainnya ringan, sekali terapi bisa langsung banyak perubahan.

Luka lebam hitam adalah luka yang terjadi karena benturan keras. Luka ini tidak mengeluarkan darah, hanya seperti darah yang mengumpal di dalam. Biasanya diikuti dengan rasa nyeri. Kondisi ini biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari. Meskipun demikian, terapi akan sangat membantu kesembuhan dan mempercepat kesembuhan. Terapi yang digunakan biasanya dengan linamen yang dibalurkan di bagian luar, 2 sampai 3 kali dalam sehari. Linamen ini bertujuan untuk melancarkan darah. Terapi akupuntur juga dapat digunakan dalam kasus ini.

Dislokasi sendi adalah kondisi dimana sendi keluar dari tempatnya atau tidak pada lokasinya. Kondisi ini disebabkan oleh benturan yang sangat keras yang menyebabkan sendi keluar dari tempatnya. Kondisi memang memerlukan perawatan yang lebih intens. Karena ada beberapa tahap yang harus dilalui. Tahap yang pertama adalah mengembalikan sendi pada posisi normal atau pada tempatnya. Tahap kedua memastikan sendi tidak akan kembali ke luar dari tempatnya. Tahap ketiga merawat agar kesembuhan sendi dan area sekitarnya berjalan dengan lebih cepat. Diperlukan terapi pengembalian posisi sendi, linament balur pada sendi, dan terapi akupuntur untuk mempercepat penyembuhanya.

Bahu kaku atau Frozen Shoulder, adalah kondisi kekauan bahu yang membuat bahu sulit atau sakit ketika digerakan. Ini biasanya terjadi pada usia diatas 50 tahun. Akan tetapi akhir – akhir ini banyak terjadi pada usia dibawah 50 tahun. Terapi yang paling baik untuk kasus bahu beku atau frozen shoulder adalah terapi yang holistic memulihkan semua kekakuan sendi. Dengan pendekatan terapi akupuntur kasus ini akan sembuh lebih cepat.

 

Jika dirawat dengan baik, cidera otot bisa pulih dengan lebih cepat. Kalau bisa lebih cepat mengapa tidak?.

KLINIK PERAWATAN DAN TERAPI KOMPLEMENTER  MARI SEMBUH                                               

Informasi & Reservasi

0858-6713-0908

Jl. Tegal Melati No 84 B Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

 

 

Admin
Admin
marisembuh.com

1 Comment

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *