bangkit dari stroke
Progaram Rehabilitasi Pasca Stroke Perawatan dan Terapi Komplementer Intensif
30 June 2019
Mengenal Istilah Dalam Akupuntur
30 June 2019
Show all

Terapi bekam jogja, terapi kesehatan sesuai sunnah

photo by : MEDIALOKAL.CO

Terapi bekam jogja, terapi kesehatan sesuai sunnah. Masih ragu untuk melakukan bekam? simak ulasan berikut. Rekomendasi terabik Terapi bekam jogja. Terapi bekam jogja berpengalaman dan telah bersertifikat resmi, clinic Marisembuh. Melayani terapi bekam oleh tenaga ahli.

Marisembuh adalah clinic yang melayani perawatan terapi bekam jogja, akupuntur, fashdu, serta perawatan sunnah lainnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan menerapkan terapi bekam untuk kehidupan anda juga sekaligus mendapatkan pahala sunnah. Karena terapi bekam merupakan salah satu anjuran yang diberikan rosululloh salallahualaihi wasallam.

Informasi & Reservasi

0858-6713-0908

Jl. Tegal Melati No 84 B Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

Jika anda masih belum paham, silahkan simak mengenai ulasan terapi bekam jogja dibawah ini.

 

TERAPI BEKAM

 

Berikut beberapa informasi tentang terapi bekam yang bisa dijadikan panduan jika ingin terapi bekam.

 

1 Fungsi & Manfaat Bekam

 

Selain sebagai sunnah nabi r, bekam memiliki manfaat preventif dan kuratif. Preventif atau pencegahan maksudnya adalah bekam menjadi sarana untuk pencegahan dari penyakit. Dalam hal ini sudah terdapat banyak penelitian terkait manfaat bekam untuk mencegah penyakit dan gejala degenaratif (hipertensi, diabetes, kolesterol, rematik dll). Sedang kuratif atau penyembuhan maksudnya adalah bekam menjadi sarana untuk memperoleh kesembuhan (ikhtiar kesembuhan) dari suatu penyakit. Penelitian dalam hal ini sudah dilakukan untuk beberapa penyakit, antara lain hipertensi, diabetes, sakit kepala, nyeri, dll.

Terapi bekam bisa dilakukan saat kita dalam keadaan sehat maupun sakit. Jika kita sedang dalam keadaan sehat, dengan bekam harapanya tubuh kita akan menjadi lebih bugar. Jika kita dalam keadaan sakit, dengan bekam harapanya tubuh kita akan lebih cepat memperoleh kesembuhan.

 

2 Terapis (Penterapi) Bekam

 

Terapi bekam adalah bagian dari sunnah. Sehingga ada nilai ibadah di dalamnya. Karenanya memilih terapis yang baik adalah bagian dari kesempurnaan dalam menjalani terapi bekam. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama adalah shahih akidah. Shahih akidah maksudnya adalah memiliki akidah yang baik sesuai dengan ajaran Islam, selamat dari kesyrikan dan hal – hal yang berhubungan dengannya. Kedua adala akhlak yang baik. Memilih terapis yang memiliki akhlak yang baik dan terpercaya. Pentrapis yang memiliki akhlak yang baik akan menyelematkan dirinya dan klienya dari kecurangan dan keburukan dalam menjalani terapi bekam.

Selain hal tersebut, akan lebih sempurna lagi kalau terapis bekam yang akan menterapi memang memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam berbekam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal, salah satunya adalah sudah pernah mengikuti pelatihan bekam dan lulus ujian terapis bekam dari Persatuan Bekam Indonesia (PBI).

Dalam hal ini sebaiknya sikap pertengahan yang dikedepankan. Tidak berlebih – lebihan dan juga tidak terlalu meremehkan. Contoh berlebih – lebihan adalah membuat standar yang ketat sekali hingga menyulitkan diri sendiri. Sedang contoh teralu meremehkan adalah tidak memeperhatikan kepada siapa kita berbekam, atau asal bekam dengan orang yang belum jelas keahlianya.

 

3 Tempat Terapi Bekam

 

Bentuk pelayanan terapi bekam saat ini sudah banyak. Diantaranya, ada bekam panggilan yang bisa dipanggil ke rumah (home care), klinik terapi bekam pribadi (milik perseorangan), klinik umum terapi bekam (dibeberapa kota masih sangat jarang), rumah sakit (beberapa rumah sakit menyedikan ruang khsus untuk pelayanan bekam).

Jika memilih tempat terapi bekam hendaknya tetap memperhatikan kebersihan dan kesterilan tempat terapi. Jika terapis diundang ke rumah sebaiknya tempat yang akan digunakan untuk terapi bersih dan cukup luas (tidak terlalu sempit).

 

4 Titik Bekam

 

Titik bekam selama ini ditentukan dengan berbagai metode. Metode titik sunnah, titik bekam yang pernah dilakukan oleh nab ir . Diantaranya titik;

  1. Kaahil
  2. Akhda’ain
  3. Yaafuukh
  4. Punggung Telapak Kaki
  5. Pinggul

Gambar 1; Ilustrasi Titik Bekam Sunnah

Metode berdasarkan titik acupuntur dari kedokteran tradisional cina diantaranya ;

Terdapat juga metode titik anatomi. Titik anatomi dimana  tempat pembekaman pada titik dimana dirasakan penyakit atau keluhan.

photo by : pingpoint

Dalam hal pemilihan titik terapi bekam ini bisa jadi sangat bergantung pada terapis bekam. Terapis bekam yang baik akan memilihkan titik terapi bekam sesuai dengan kemampuan, pengalaman terapis dan keadaan klien. Karenanya memilih terapis bekam yang terampil dan kompeten akan sangat mempengarui proses terapi bekam kita.

Jika terapi bekam diniatkan untuk kesembuhan ada baiknya kalau memilih terapis yang menguasai konsep sehat – sakit, patologi, dan keilmuan terapi sesuai dengan penyakit yang dialami.

Terkait dengan banyak sedikitnya titik yang diterapi bekam. Perlu dipahami bahwa banyak titik terapi bekam tidak berarti terapi lebih efektif atau hasilnya lebih optimal. Begitu juga dengan sedikitnya titik terapi bekam tidak berarti kurang efektif atau tidak optimal. Keefektifan terapi bekam tidak hanya dilihat dari banyak dan sedikitnya titik terapi bekam.

 

5 Metode pengekopan (pembekaman)

 

Pengekopan atau pembekaman adalah proses utama dalam terapi bekam. Dalam proses ini ada beberapa teknik yang sering digunakan oleh para terapis. Diantaranya;

  • Pengekopan Menggunkan Gelas & Api

Metode pembekaman dengan menggunakan gelas kaca yang didesain khusus untuk terapi bekam. Dalam membuat tekanan atau pengekopan dilakukan dengan cara memasukan api ke dalam gelas selama beberapa detik. Kemudian gelas ditempelkan ke dalam titik yang ingin dibekam. Perbedaan suhu udara di dalam gelas kaca bisa memberikan tarikan pada permukaan kulit sehingga terjadi pengekopan atau pembekaman.

Perlu diperhatikan, prose memasukan api ke dalam gelas kaca yang akan digunakan dalam membekam tidak boleh terlalu lama. Terlalu lama memasukan api dalam gelas akan membuat bibir gelas menjadi panas dan bisa membuat kulit melepuh karena kepanasan jika ditempelkan ke permukaan kulit. Jika kondisi ini terjadi, sebagai orang yang dibekam boleh mengingatkan terapis akan hal tersebut.

  • Pengekopan Menggunakan Alat Bekam Manual

Metode ini adalah metode yang paling banyak digunakan oleh terapis di Indonesia. Pembekaman dengan menggunkan gelas bekam plastik dan alat penarik atau pembuat tekanan yang dikendalikan secara manual. Metode ini memiliki resiko kecelakaan terapi yang lebih kecil daripada metode dengan menggunakan api. Akan tetapi dalam beberapa kasus pemilihan teknik pembekaman antara menggunakan api atau alat bekam manual  berdasarkan keluhan dan penyakit yang dialam.

Sebagai orang yang dibekam perlu untuk menyampaikan apakah pembekaman yang dilakukan oleh terapis sudah pas tekananya. Pas maksudnya adalah tidak terlalu lemah dan tidak terlalu kencang (kuat). Jika pembekaman terlalu kuat resiko kerusakan kulit akan semakin besar.  Biasanya muncul gelembung – gelembung yang berisi cairan. Hal tersebut adalah kecelakaan ringan dalam terapi bekam. Karenanya perlu komunikasi yang baik antara penterapis dengan orang yang diterapi.

(ilustrasi)

  • Pengekopan Menggunakn Mesin Bekam

Pengekopan menggunakan mesin bekam adalah proses pembekaman dengan menggunakan mesin untuk membuat tarikan  atau tekanan. Cara ini biasanya digunakan oleh para terapis untuk membekam dengan tujuan lebih praktis dan bisa mengatur tekanan. Dengan mesin bekam pembekaman pada bagian kepala bisa dilakukan tanpa harus mencukur rambut di area pembekaman. Hal tersebut adalah salah satu tujuan penggunaan mesin terapi bekam.

Para ahli menilai bahwa pembekaman di kepala tanpa mencukur rambut akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Sebagai bentuk kehati – hatian lebih baik pembekaman di kepala dilakukan dengan cara mencukur rambut.

 

6 Metode Perlukaan Terapi Bekam

 

Secar umum metode pengekopan (cupping) atau pembekaman semua terapis adalah sama. Sama – sama mengunakan gelas dengan teknik vakum. Adapun perbedaan pada alat – alat pengekopan (cupping) saja, beda jenis ataupun merek. Pada titik kepala (ummu mughit) sebagaian penterapis bekam menngunakan alat section atau penyedot untuk bisa membekam kepala tanpa memotong rambut. Para ahli bekam menyarankan untuk tidak mengunakan hal tersebut karena resiko infeksi akan lebih besar. Pembekaman pada kepala yang paling baik adalah dengan mencukur rambut pada bagian yang ingin dibekam dengan bersih.

Metode perlukaan yang bertujuan untuk mengeluarkan darah umumnya selama ini dilakukan dengan dua cara. Sayatan (menggunkan pisau bedah) atau mengunakan tusukan jarum lancet. Kedua metode tersebut memiliki tujuan yang sama. Terkait apakah lebih baik pakai sayatan atau pakai jarum lancet belum ada penelitian khusus yang membandingkan kedua metode tersebut. Keduanya bukan permasalahan yang perlu dipertentangkan, karena keduanya memiliki kelebihan dan kesesuain masing – masing dalam penggunaanya saat terapi bekam.

Pemakaian metode sayatan dalam perlukaan menurut para ustadz lebih dekat dengan makna hijamah atau syarthon yang bermakna sayatan. Akan tetapi sebagai klien atau mitra terapis anda boleh memilih ingin menggunakan metode perlukaan apa. Apakah metode sayatan atau metode tusukan jarum lancet.

 

7 Biaya atau upah terapi bekam

 

Pada dasarnya memberi upah untuk terapi bekam adalah hal yang diperbolehkan bahkan diajurkan. Rasulullah r juga memberi upah bekam pada orang yang membekam beliau, hadis;

Di masyarakat memang belum ada standar baku tentang upah berbekam. Selama ini ada beberapa model upah atau pembiayaan. Pertama, penterapis tidak menentukan tarif (infaq semampunya) dalam hal ini dikembalikan kepada klien yang berbekam terkait besarnya infaq yang diberikan. Jika menemui model yang seperti ini memberi infaq yang cukup atau lebih adalah kebaikan. Hal tersebut bisa mengganti biaya bahan habis pakai yang digunakan terapis dalam terapi bekam. Kedua, penterapis menentukan tarif. Tarif yang ditentukan juga beragam. Jika menemui  yang seperti ini, tanyakan terlebih dahulu diawal berapa tarifnya. Menanyakan tarif diawal akan memberikan kejelasan dan ketenangan diantara  kedua belah pihak. Hal tersebut tidak dilarang.

Tarif bisa berbeda – beda setiap terapis. Hal ini wajar karena kualitas dan latar belakang terapis juga berbeda – beda. Terapis terapi bekam ada yang dari yang tidak berpendidikan sampai yang berpendidikan setingkat doktor. Tarif bisa saja disesuaikan dengan keahlian terapis, karena bisa jadi tidak hanya terapi bekam yang diberikan akan tetapi dengan pelayanan lainya termasuk konsultasi.

Sebagai konsumen, mendapatkan kejelasan diawal terkait pembiayaan adalah hal yang sangat diperlukan. Selain jelas akadnya, menanyakan biaya diawal akan mengurangi resiko kekecewaaan karena biaya yang tinggi diluar kemampuan. Jangan sungkan menanyakan biaya terapi bekam pada terapis.

 

Admin
Admin
marisembuh.com

5 Comments

  1. […] Terapi bekam jogja, terapi kesehatan sesuai sunnah […]

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *