Manfaat Al Qur’an Bagi Kesembuhan Psikis

Pada hakikatnya, pengaruh Al – Qur’an terhadap psikis (kejiwaan) lebih mudah diterima ketimbang pengaruh Al – Qur’an terhadap fisik. Banyak ulama – baik klasik maupun kontemporer – yang mendukung bahwa Al – Qur’an adalah obat hati atau jiwa, bukan obat fisik. Prof. DR Quraish Shihab adalah salah satu dari sekian banyak intelektual muslim yang menyatakan bahwa bacaan ayat Al-Qur’an tidak berpengaruh kepada penyakit fisik. Beliau mendukung pernyataan beberapa ahli tafsir yang menegaskan hal ini.

macam - macam gangguan psikis
macam – macam gangguan psikis

                Berkaitan dengan tafsir Surah Al-Isra ‘ayat 82, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di-dalam Taisir Al-Karim Ar-Rahman fi Tafsir Kalam Al-Mannan –Mengatakan:

                Al-Qur’an mengandung kesembuhan dan rahmat. Itu tidak berlaku kepada setiap orang, melainkan hanya kepada orang-orang yang mengimaninya dan mempercayai (kandungan) ayat-ayatnya serta mengamalkannya. Adapun orang-orang yang zhalim karena tidak mempercayainya atau tidak mengamalkanya, maka ayat-ayat Al-Qur’an hanaya menambahkan kerugian bagi mereka karena mereka akan dituntut dengan Al-Qur’an.

Kesembuhan yang dikandung Al-Qur’an bersifat umum, yaitu untuk menyembuhkan hati/jiwa (syifa’ al-qulub) dari penyakit syubhat, kebodohan, pendapat-pendapat yang merusak dan menyimpang, serta maksud-maksud yang jelek. Sebab, Al-Qura’an menngandung ilmu yakin yang dapat menghilangkan semua (penyakit) syubhat dan kebodohan. Ia juga mengandung nasehat dan peringatan yang dapat menghilangkan hawa nafsu yang menentang perintah Allah. (Al-Qur’an juga) dapat menyembuhkan fisik (syifa’ al-abdan) dari segala keluhan dan penyakitnya.\

Demikianlah tafsir Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di.

Dalam shafwah At-Tafasir, Syaikh Ali Ash-Shabuni menafsirkan ayat 82 surah Al-Isra : “Artinya, Kami (Allah) menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an yang Agung  untuk dapat menyembuhkan hati dari penyakit-penyakit berupa kebodohan dan kesehatan, serta dapat menghilangkan kotoran jiwa berupa hawa nafsu, kerakusan, dan dengki (hasad).

Baca Yang Ini  Beberapa Hal yang bisa Memperparah Bell’s Palsy

DR Muhammad Utsman Najati-dalam bukunya AL-Qur’an wa Ilm An-Nafs-mengatakan, “Tidak diragukan bahwa Al-Qur’an mengandung suatu kekuatan spiritual dahsyat dan memiliki pengaruh besar dalam jiwa manusia. Al-Qur’an sanggup membangunkan kesadaran dan pemikiran, menghaluskan perasaan, membersihkan jiwa, dan mempertajam pandangan.

Manfaat Al Qur’an Bagi Kesembuhan Psikis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *