Awas Mal Praktek Bekam Mari Perhatikan Ini Dengan Baik
16 July 2019
tcm-logo
Mari Sembuh Lebih Cepat Total Care
17 July 2019
Show all

Beginilah Sejarah Perkembangan Terapi Bekam

perkembangan terapi bekam

perkembangan terapi bekam

PERKEMBANGAN TERAPI BEKAM DI DUNIA

Sengguhnya bekam sudah dikenal bangsa-bangsa purba sejak kemjaan Sumeria berdiri, sekitar 4.000 tahun sebelum masehi, lalu bekam berkembang di Babilonia, Mesir, Saba’ dan Persia. Sumeria adalah daerah yang masuk wilayah Irak, yaitu negeri yang dialiri sungai Eufrat dan sungai Tiigrs. Pada saat ifu, para tabib menggunakan bekam unfuk pengobatan para raja. Tabibtabib termasyhur hanya menurunkan ilmu pengobatannya kepada murid-murid terpilih. Sedangkan di Cina, bekam berkembang sekitar 2.500 tahun sebelum masehi, sebelum berkuasanya Kaisar Yao. Dan di Cina inilah bekam berkembang dengan berdasarkan titik-titik akupunktur.

Awas Mal Praktek Bekam Mari Perhatikan Ini Dengan Baik

Di Mesir, bekam sudah ada sejak zarnan kekuasaan Fir’aun, sekitar 2.500 tahun sebelum masehi. Pada masa kekuasaan Fir’aun Ramses II, kira-kira 1.200 tahun sebelum masehi, secara tidak sengaja pada masa itu banyak orang-orang yang dilempari batu, lalu terjadi lebam. Setelah dikeluarkan darahnya, temyata banyak yang sembuh penyakitnya. Pengobatan bekam juga sudah umum dipakai para tabib di sana bersama-sama dengan jenis pengobatan lainnya. Dalam melakukan bekam, para tabib memakai pedoman titik-titik tertentu di tubuh pasien. Dalam menentukan titik-titik itu, mereka menggunakan pedoman dalam lembaran papyrus.

Progaram Rehabilitasi Pasca Stroke Perawatan dan Terapi Komplementer Intensif

Di dalamnya telah digambarkan titik-titik ath-tho’atau of-to’ ataupun fun, namun belum lengkap. Tidak ada perbedaan antara titik-titik besar dan titik-titik kecil. Gambar-gambar tersebut dipergunakan oleh tabib untuk pedoman pengobatan. Titik-titik ini kemudian berkembang hingga ke Yunani, Saba’, Romawi, Figria, Bulgaria, dan Isbanji. Pada zaman Nabi Yusuf, di Mesir terdapat kaum Isroil. Di antara mereka ada yang terkenal sebagai ahli pengobatan dengan bekam ini. Namun, hanya orang-orang tertentu yang berobat dengan menggunakan metode ini. Di Persia -yakni bangsa Persi merupakan bangsa yang serumpun dengan bangsa Aria, India, Yunani, Romawi, Isbanji, Jerman, maupun rumpun fuia Eropa lainnya, yang hidup sekitar 3.000 tahun sebelum masehi- bekam berkembang bersama pengobatan fashid, yaihr pengobatan unfuk mengeluarkan darah dari hrbuh. Bekam juga sudah ada di daerah Suriah dan Iskandariyah bersama pengobatan fashid, kay, pembedahan, ramuan herba, tumbuh-tumbuhan laut, akar-akaran, biji-bijian, bunga dan getah-getahan. Di zaman Nabi SAW, bekam sudah banyak dikerjakan para sahabat. Bahkan menjadi sunnah dan kebiasaan mereka. Nabi Muhammad SAW selain memerintahkan umatnya untuk berobat dengan bekam, juga memberikan petunjuk tentang tempat-tempat yang sangat baik untuk dibekam. Walaupun Nabi SAW sendiri bukan tabib, namun semua perbuatannya berdasarkan petunjuk Alloh SWT. Beliau bisa memberikan arahan kepada umatnya untuk melakukan bekam pada titik-titik tertentu. Beberapa titik yang diajarkan Nabi.

Bekam atau hijamah adalah metode pengobatan kuno yang dikenal luas di berbagai negara dan bangsa. Bekam atau hijamah menurut bahasa berarti ‘menghisap’.  Orang mesir kuno telah menulis metode pengobatan bekam ini dalam sebuah prasasti yaitu Prasasti Burdi. Prasasti Burdi adalah dokumen sejarah paling tua mengenai bekam.

Terapi Hamil Akupuntur untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Orang Yunani kuno juga telah mengenal metode pengobatan ini. Pengobatan bekam juga telah banyak digunakan oleh bangsa Arab di jaman Jahiliyah. Dan setelah kedatangan Islam, Rosulullah Saw mengakui manfaat bekam ini serta mempraktekkan dan menganjurkan penggunaannya.

Pengobatan bekam sejatinya telah tersebar luas diseluruh dunia. Pengobatan dengan cara bekam sudah masyhur di Cina, India, Eropa dan Amerika sejak beberapa abad yag lalu. Metode pengobatan ini memiliki kedudukan sendiri dalam berbagai jurnal dan referensi ilmiah hingga pertengahan abad ke 19 M. Eropa mengenal manfaat bekam melalui kekhalifahan Islam Andalusia di Spanyol. Saat itu para ilmuwan muslim serta karya tulis mereka menjadi acuan utama dalam ilmu kedokteran.

Pengobatan bekam dilakukan dengan cara menyedot permukaan kulit dengan alat khusus dan dilanjutkan pengeluaran darah dari bawah kulit. Ada dua jenis bekam yaitu bekam basah dan bekam kering.  Bekam basah adalah bekam yang menyedot permukaan kulit dan dilakukan pengeluaran darah. Bekam kering adalah proses bekam hanya menyedot saja tanpa dilukai dan dikeluarkan darahnya.

Kedokteran Memiliki Sejarah Panjang

Kedokteran Memiliki Sejarah Panjang

Sejarah Asal dan Perkembangan pengobatan bekam di wilayah Timur (China, Korea dan Jepang) merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai sejarah bekam di wilyah barat dan Timur Tengah. Pengobatan bekam mulai diperkenalkan dan dikembangkan di wilayah Timur sekitar tahun 2500 SM pada zamannya Kaisar Yao seiring dengan munculnya teknik pengobatan Timur lainnya semisal akupuntur, moksa dan pijat serta herbal. Namun dari catatan Eber Papyrus, sekitar tahun 2500 SM adalah masa awal pengobatan bekam yang berkembang di Mesir Kuno bukan di China / Timur. Namun pada penelitian yang lain orang harus percaya bahwa yang pertam kali melakukan bekam adalah Wilayah Timur karena telah ditemukan tanduk sapi bekam di wilayah China Utara, Jepang dan semenanjung Korea. Lalu, bagaimana sikap kita dengan pertanyaan siapa yang pertama kali mengembangkan bekam antara China dan Mesir? Maka jawabanya tidak perlu kita risaukan sebab yang jelas pengobatan bekam di China / Timur dan Barat sudah berkembang ribuan tahun yang silam.

Admin
Admin
marisembuh.com

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *