Mengapa Pasca Stroke Anggota Tubuh Menjadi Bengkak
6 May 2019
rasulullah
Rasulullah Menganjurkan Umatnya untuk Berobat Ketika Sakit
11 May 2019
Show all

Tamariska Obat dalam Al Qur’an

Tamariska

Tamariska

Tamariska Obat dalam Al Qur’an

Dalam Surat Saba, Ayat ke 16 Allah Berfirman;

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.”

Dalam ayat tersebut ada kata atslu, nama dari salah satu jenis tumbuhan, nama lainya adalah tamariska. Tamariska adalah golongan tumbuhan yang termasuk dalam genus tamarix. Nama lainya adalah tamarisk dan salt cedar. Keluarga dari jenis tumbuhan ini terdiri dari 50 – 60 jenis tumbuhan. Tumbuhan ini adalah tumbuhan asli dari Eurasia dan Afrika.

tanaman tamariska

tanaman tamariska

Dalam asbabun nuzul surah saba’ ayat 16 tersebut dinyatakan bahwa asalnya di selatan yaman adalah tempat tinggal kaum saba’. Mereka membuat bendungan Ma’rib untuk mengairi dua buah kebun diantara bendungan tersebut. Selanjutnya Allah menghancurkan bendungan tersebut, maka kebun yang subur itu menjadi tandus dan hanya ditumbuhi oleh pohon tamariska dan bidara.

Tamariska adalah jenis tanaman halofit, artinya mampu tumbuh di air saline (air asin / payau) layaknya bakau. Di daerah semananjung arab kayu pohon tamariska banyak dipakai sebagai atap rumah, kayu bakar, atau arang. Tamariska adalah jenis semak belukar yang biasa dijadikan tempat berteduh pengembala juga berguna untuk pemecah angin. Ada yang mengatakan bahwa wadah minuman Rasulullah terbuat dari kayu tamariska. Dalam tamariska juga ditemukan zat manis yang bermanfaat untuk obat dan pemanis kue.

Tamarix dioica bersifat dingin pada tingkat pertama dan kering pada tingkat kedua. Efek farmakologisnya sebagai pencahar, pengkelat, pahitan, pembersih darah, peluruh kentut, peluruh air seni, hapatoprotektif, antiradang, dan tonic. Penggunaan berlebihan berbahaya untuk lambung karena bersifat mengeringkan lambung. Secara tradisional tamarix aphylla dipergunkan untuk obat penyakit kuning, ‘ain, rematik, luka, dan luka bernanah.

Admin
Admin
marisembuh.com

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *