bahasa jika asam lambung dibiarkan
Bahaya Asam Lambung Jika Tidak Terawat dengan Baik
29 April 2019
Tamariska
Tamariska Obat dalam Al Qur’an
11 May 2019
Show all

Mengapa Pasca Stroke Anggota Tubuh Menjadi Bengkak

Kenapa Pasca Stroke Anggota Tubuh Menjadi Bengkak

Bengkak pada anggota tubuh (extremitas: kaki dan tangan) pada pasien stroke biasanya berupa edema atau cairan. Edema atau penumpukan cairan pada anggota tubuh terjadi karena beberapa faktor. Pada pasien stroke hal ini terjadi salah satu faktornya karena ketidak lancaran sirkulasi darah dan cairan pada anggota tubuh. Pada kasus – kasus ringan bengkak hanya terjadi pada daerah yang mengalami sumbatan dan atau kelumpuhan. Biasanya pada bagian tangan dan kaki. Pada kasus berat bengkak bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh, wajah, badan, punggung, dll.

Bagian tubuh yang sering terjadi bengkak pada stoke biasanya diawali dari bagian – bagaian yang paling jauh dari jantung. Hal ini terjadi karena kekuatan jantung untuk mendorong sirkulasi darah dan cairan pada daerah tersebut menjadi lemah. Sehingga penumpukan cairan terjadi. Kondisi ini diperparah dengan penyakit – penyakit penyerta yang berhubungan dengan kardiovaskuler, penyakit diabetes contohnya. Pasien dengan serangan stroke dan memiliki penyakit diabetes biaanya akan memiliki kecenderungan mengalami bengkak yang lebih besar.

Bengkak atau edema pada pasien serangan stroke juga bisa menjadi salah satu indikasi tingkat keparahan serangan stroke. Pada serangan yang berat (daerah sumbatan atau pecahan luas) resiko untuk mengalami bengkak akan lebih besar dan lebih luas. Kondisi bengkak juga akan menambah sensasi berat dan kaku pada pasien. Sehingga menambah sensasi kelumpuhan pada pasien stroke.

Dalam proses pengobatan biasanya dokter akan meresepkan obat diuretik atau pemacu kencing (buang air kecil) untuk membantu proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Sehingga dengan obat tersebut cairan tubuh akan bekurang dengan begitu diharapkan bengkak atau edema juga akan berkurang. Jika bengkak berkurang maka progres kesembuhan stroke akan semakin baik.

Kondisi bengkak pada pasien pasca serangan stroke jika tidak dimenejemen dengan baik akan menimbulkan beberapa permasalahan dalam perawatan pasien. Salah satunya adalah ketidak seimbangan cairan tubuh yang tingkat keparahanya sebanding dengan keparahan edema atau bengkak pada pasien tersebut. marisembuh.

Balai Perawatan dan Terapi Stroke Mari Sembuh

Yogyakarta I 0858-6713-0908

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *