Setelah dirawat di rumah bapak berumur 83 tahun lebih semangat menjalani hidup

                Klien kita yang satu ini berusia 83 tahun.  Beliau adalah seorang pensiunan pejabat DPRD. Beliau menggunakan jasa perawat lansia karena kedua kakinya mengalami osteoporosis sehingga mengalami gangguan mobilisasi. Sudah sekitar dua bulan beliau dirawat oleh keluarganya, akan tetapi akhir – akhir ini keluarga mengggunakan jasa pelayanan mari sembuh karena kesibukan kantor yang  tidak bisa ditinggalakan.

                Pertama kita mengunjungi beliau, beliau dalam keadaan pucat, lesu, tidak semangat, bau pempres, dan mengutarakan kekecewaan akan takdir yang beliau alami. Kebetulan saya sendiri yang langsung menangani beliau, saya jadi case manager (manajer kasus) untuk perawatan beliau. Pertemuan pertama saya membuat care plan (rencana perawatan) sederhana untuk membantu care giver atau pemberi perawatan merawat beliau.

                Care plan saya fokuskan hanya pada tiga problem dasar. Yaitu kebutuhan perawatan diri kurang aktifitas karena gangguan mobilitas dan kesepian. Goal dari care plan yang saya buat adalah klien memiliki penampilan baik, terjaga kebersihan diri, tidak tercium bau pesing, aktifitas maksimal di atas bed, dan bisa memberikan coping (respon) yang tepat untuk  mengatasi kesendirianya.

                Alhamdulillah, di hari kedua perawatan klien sudah ingin melepas pempers dan ingin lebih mandiri. Beliau minta diajari menggunakan pispot untuk buang air kecil dan air besar. Setiap hari ketika perawatan  kami menganjurkan bapak untuk mengikuti gerakan senam yang telah kami ajarkan. Di hari ke enam perawatan beliau sudah ingin mencoba latihan jalan. Kami mengajarkan bagaiamana cara menggunakan alat bantu jalan yang tepat.

                Sesi akhir perawatan adalah waktu yang kami tunggu – tunggu. Karena pada sesi ini kami biasanya akan mengevaluasi semua perawatan yang telah kami berikan pada klien. Kami tidak sabar mendengar perasaan, ungkapan, dan pernyataan beliau tentang kondisi dirinya dan perawatan kami .Beliau mengunkapkan, alhamdulillah, terimakasih atas perawatanya, saya merasa lebih baik, dan sangat terimakasih atas motivasinya, insya Allah saya akan lebih santai dan menikmati hari tua saya dengan penuh semangat dan kebaikan. (Laporan Perawat Mari Sembuh)

Setelah dirawat di rumah bapak berumur 83 tahun lebih semangat menjalani hidup
Baca Yang Ini  Layanan Perawat Lansia Di Jogja
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *