Akupuntur telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Meski diakui sebagia teknik pengobatan warisan dunia yang diwariskan oleh peradaban cina, akupuntur melaju pesat di berbagai belahan dunia hingga mengalami pengembangan – pengembangan gaya atau teknik. Pengembangan gaya baik yang hanya bersiafat teknis sampai pada filosofi atau dokmanya. Berikut ada beberapa macam gaya akupuntur yang ada di dunia.

  1. Akupuntur Tradisonal

Akupuntur tradisional diistilahkan untuk akupuntur yang menjaga dan mengedepankan metode pendekatan klasik. Menggunkan diagnosa dan gaya analisa yang seutuhnya dari konsep kedokteran tradisional cina. Penggunaan sindrom pada gaya ini menjadi ciri khas yang melekat kuat. Bahkan sindrom dijadaikan sebagai dasar untuk melakukan teknik pengobatan.

  1. Akupuntur Japanese

Gaya akupuntur jepang memiliki ciri tersendiri. Meski secara histori diakui bahwa akupuntur jepang berinduk pada akupuntur cina. Akupuntur jepang memiliki ciri penusukan yang dangkal, ringan, dan tidak sakit atau painless. Akupuntur jepang sering dimanfaatkan dalam penanganan kasus – kasus internal medicine atau penyakit dalam karena memiliki tingkat efektifitas yang sudah teruji untuk masalah internal.

  1. Akupuntur Kepala Yamamoto

Gaya akupuntur ini ditemukan oleh seorang dokter spesialis saraf dari jepang. Akupuntur ini menggunakan area scalp atau kepala sebagai medan treatmentnya. Akupuntur Yamamoto memiliki tingkat keefektifitasa yang baik pada kasus kasus neurologi. Bisa digunakan ndalam pusat rehabilitasi untuk membantu problem otot dan tulang.

  1. Akupuntur Korea

KOSA atau Korean handa akupuntur adalah yang akupuntur yang dikembangkan di korea. Akupuntur ini fokus pada telapan tangan atau area tangan sebagai medan treatmenya.  Meskipun gaya akupuntur ini juga memakai pendekatan tcm, KOSA memiliki beberapa dogma yang berbeda. Salah satunya adalah tentang dogma 12 meridian pada telapak tangan.

Baca Yang Ini  Testimoni Bekam Lansia Rutin Bekam Selama 7 Tahun

  1. Akupuntur India

Jenis akupuntur ini menggunakan pendekatan cakra dalam mendiagnosa dan menganalisa penyakit. Terapi yang diberikan berrtujuan untuk mengembalikan cakra mencapai kondisi seimbang. Indian Accupuntur juga sering dikombinasikan dengan meditasi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Masih terdapat beberapa gaya akupuntur lainya. Akan kita bahas pada kesempatan yang lain. Semoga semakin banyak gaya akupuntur yang kita ketahui, kita akan semakin obyektif dan selektif dalam memilih terapi akupuntur untuk kita dan keluarga.

Mengenal Berbagai Macam Gaya Akupuntur
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *