Menjalani perawatan di rumah sakit adalah hal yang berat dan tak jarang membuat kita jenuh. Waktu seolah melambat karena rutinitas perawatan dan pengobatan yang tak jarang memberikan batasan – batasan kepada pasien. Batasan batasan yang merenggut sebagian aktifitas normal kehidupan pasien. Bahkan beberapa pasien sering mengeluhkan sulitnya menyesuaikan diri dengan lingkungan di rumah sakit.

 Perawatan yang sedang kita jalani di rumah sakit sebaiknya kita nikmati dengan terus mencoba menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Salah satu usaha agar perawatan kita di rumah sakit tidak dirasa menjenuhkan adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk hal hal yang bermanfaat. Melakukan hal yang bermanfaat, meski kecil, meski ringan akan membuat hari – hari di rumah sakit akan lebih bermakna.

Kita semua menyadari pentingnya waktu dalam kehidupan kita. Waktu adalah aset mahal yang setiap orang memilikinya tapi tidak setiap orang bisa memanfaatkanya. Mengisi waktu ketika kita dirawat di rumah sakit adalah bagian dari menghargai waktu – waktu kita dan bentuk dari rasa syukur atas keluangan waktu yang diberikan Allah kepada kita.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu saat bed rest (perawatan) di rumah sakit. Harapanya bisa lebih berkah waktunya.

  1. Membaca, Menulis, & Berbagi

Aktifitas membaca, menulis dan berbagi (apa yang dibaca & apa yang ditulis) adalah hal yang dapat dilakukan dengan mudah saat kita di rumah sakit. Beberapa pasien yang kami rawat sudah mengamalkanya. Kebanyakan dari mereka baru membaca, kami selalu menyarankan agar apa yang dia baca ditulis ulang idenya, ditambah penjelasan lalu bisa dibagikan kepada yang lain. Selain lebih bermanfaat, menulis kemudian berbagai akan lebih mengurangi kebosanan daripada sekedar membaca. Tidak perlu berat berat, kita bis menulis hal – hal kecil tapi bermanfaat untuk kita dan orang lain. Bisa berupa pengalaman, perasaan, motivasi, ide – ide atau yang lainya.

  1. Berkenalan dan berteman dengan pasien lain
Baca Yang Ini  Al – Qur’an; “Mukjizat Kesembuhan”

Bagi yang menjalani perawatan di bangsal yang lebih dari satu bed (tempat tidur) bisa mencoba untuk berkenalan. Obrolan – obrolan sesama pasien terkadang akan lebih bermakna karena selain bisa berbagi informasi obrolan sesama pasien akan meringankan beban kesakitan dan menguatkan dukungan psikologis antara keduanya. Terlebih jika dirawat dalam waktu yang lama, perkenalan di bangsal bisa saja berlanjut diluar bangsal saat pulang dari rumah sakit. Hal tersebut adalah keuntungan karena menambah relasi.

  1. Menghubungi teman teman lama

Kemajuan teknologi membuat kita bisa terhubung dengan siapun dan dimanapun. Melalui media sosial yang kita miliki kita bisa berbagai dan menyambung rasa kepada teman – teman kita yang selama ini mungkin kita jarang menyapanya karena kesibukan kita. Kita bisa ingat –ingat kembali masa – masa SD, SMP, SMA, Kuliah, kiran adakah teman kita yang jarang kita sapa atau jarang menyapa kita, disaat dirawat di rumah sakit aktifitas ini akan sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk memperkuat tali pertemanan.

  1. Menghafal

Waktu kosong yang begitu banyak ketika perawatan bisa kita isi dengan mengahfal. Tentunya menghafal apa yang akan bermanfaat bagi kita. Bisa kita menghafal al – qur’an, menghafal doa, atau mengahafal kosa kata bahasa asing yang kita sedang atau ingin pelajari. Selain memanfaatkan waktu, menghafal bisa jadi bekal yang akan sangat terasa manfaatnya disaat saat kita membutuhkan hafalan tersebut. Kami pernah melihat pasien yang memegang kamus bahasa arab sambil menghafalkanya. Beliau terlihat bahagia dan asyik mengisi waktunya dengan hafalan tersebut.

  1. Mendengarkan al – qur’an, nasyid, ceramah atau seminar.

Memutar mp3 player dapat mengurangi kepenantan kita. Tidak hanya itu jika kita pandai memilih file yang kita putar, mp3 palyer akan menjadi sangat bermanfaat untuk kita. Kita bisa memilih file file yang bermanfaat untuk kita dengar, bisa berupa ceramah keislaman, seminar seminar keilmuan dari berbagai disiplin, al – qur’an, nasyid atau yang lainya. Tentunya kita usahakan menggunakan headset agar tidak menganggu pasien lain yang dirawat di kamar sebelah.

Baca Yang Ini  Perawatan dan Terapi Insomnia Jogja

Di atas hanya beberapa pilihan alternatif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu disaat bedrest di rumah sakit. Tentunya masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu – waktu ketika di rumah sakit. Asalnya, waktu itu mahal. Manfaatkan dengan baik untuk investasi baik dikala sehat maupun sakit.

Memanfaatkan Waktu Ketika Bed Rest
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *