Pediatric Therapy atau terapi untuk anak adalah upaya kesehatan dengan menggunakan terapi komplemeneter untuk anak. Terapi pada anak tidak sama dengan terapi pada orang dewasa. Sebagian besar dari kita masih bernaggapan bahwa anak adalah miniature orang dewasa. Padahal anggapan tersebut salah besar. Anak bukanlah orang dewasa yang dikecilkan, anak adalah anak orang dewasa adalah orang dewasa. Mereka memiliki sistem yang berbeda.

Ilmu terapi yang dikhususkan untuk anak masih sangat sedikit sekali dibukukan, tim kami hanya menemukan beberapa saja dari total referensi yang telah kami kumpulkan. Hal ini mununjukan bahwa bidang ini masih belum banyak dikaji. Beberapa referensi yang kami dapatkan memberikan gambaran praktis tentang pendekatan terapi komplementer pada anak. Salah satu buku yang kami jadikan panduan adalah buku karya Stephen Birch yang berjudul Shonishin : Japanese Pediatric Acupunture.

Terapi Komplementer Untuk Anak
Terapi Komplementer Untuk Anak

Dalam buku tersebut dokter yang cukup lama mendalami ilmu terapi pada anak tersebut memaparkan dari A-Z terapi pada anak dengan berbagai model pendekatan terapi. Tim kami sempat mencoba beberapa kali menerapkan metode tersebut untuk beberapa kasus pada anak, diantaranya; panas terus menerus, panas yang tidak kunjung turun meskipun minum paracetamol, sesak pada dada kiri atas, dll. Dari semua kasus yang kami tangani hasilnya positif mendapatkan perbaikan.

Perlahan dan pasti kami terus mengembangkan layanan untuk anak. Karena layanan untuk anak sangat diperlukan untuk mendukung kesembuhan anak dan masih sangat minim sekali penyedia layanan untuk anak. Semoga ikhtiar ini bisa terus mendukung upaya Indonesia Sehat dan membuka wacana baru dalam dunia pendidikan kesehatan di Indonesia. Aamiin.

Layanan Terapi Komplementer Untuk Anak
Baca Yang Ini  Lima Penyebab Naiknya Tekanan Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *