Rasulullah Mencontohkan Terapi Bekam

Terapi bekam sebagaimana yang kita tahu adalah  terapi yang telah direkomendasiak oleh nabi. Sebagaimana Allah berfirman bahwa dalam diri nabi ada keteladanan yang baik (uswatun khasanah)  maka Allah selalu menuntut nabi-Nya untuk mengajar manusia tidak hanya denga ceramah, diskusi, dan khotbah melainkan beliau juga mendidik manusia dengan mencontohkan atau keteladanan.

Dalam hal pengobatan dan kesembuhan beliau memberikan contoh kepada kita dengan terapi bekam. Beberapa riwayat yang kami sebutkan ini menunjukan bahwa nabi pernah melakukan penyembuhan dengan terapi bekam.

  1. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, “ Nabi melakukan terapi bekam padahal saat itu beliau berpuasa.” (Shahih Bukhari ; 1939)
  2. Ibnu Abbas berkata, “Nabi menjalani terapi bekam sedangkan saat itu beliau sedang berihram.” (Shahih Bukahari ;1835)
  3. Diriwayatkan dari Jabir bahwa Rasulullah terapi bekam di pinggul karena luka memar. (Shahih Sunan Abu Daud)
  4. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi pernah terapi bekam di kepala. (Shahih Bukhari)

Riwayat – riwayat diatas memberikan informasi kepada kita bahwa nabi kitajuga mengamalkan dalam kehidupanya. Tentunya ini memberikan kita keyakinan bahwa terapi bekam adalah terapi yang baik. Karena tidak mungkin nabi mengambil sesuatu kecuali yang baik – baik.

Dalam beberapa hadits shahih juga diriwayatkan bahwa Nabi kita juga mealkuakn terapi bekam di saat sakit sebagai sarana kesembuhan. Beliau pernah berbekam di beberapa titik bekam sesuai kondisi penyakitnya. Beberapa titik bekam yang pernah dipraktekan oleh nabi antara lain; pertengahan kepala, tengkuk (kahil), dua otot disamping leher (akhada’ain), punggung telapak kaki kanan kiri, dan kedua pinggul (warikain).

Sebagai umatnya maka tidak ada salahnya kalau kita meneladani beliau dalam mencari kesembuhan melalui terapi bekam. Karena tentunya Allah telah membimbing nabinya untuk memilih terapi yang paling baik dalam memperoleh kesembuhan. Beliau menegasakan, bahwa “Sebaik – baiknya pengobatan yang kalian gunakan adalah bekam” (Musnad Imam Ahmad, disahihkan dalam ash – shahihah :1053).

Baca Yang Ini  Terapi Insomnia Jogja

Layanan Terapi dan Konsultasi Kesembuhan & Kesehatan

Terapi Center Marisembuh

SMS/CALL 085867130908

BBM ; 74780F17

Kronggahan II, Rt 01/VI, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

 

Rasulullah Mencontohkan Terapi Bekam
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *