Setiap kebudayaan (peradaban) memiliki cara pandang yang khas dan unik terhadap semua peristwa dalam kehidupan, baik secara individu, kelompok, atau masyarakat. Termasuk pula dalam peristiwa sehat, sakit dan sembuh. Peradaban – peradaban besar memilki konsep masing – masing dalam memandang permasalahan ini. Diantara peradaban – peradaban besar tersebut, mesir kuno, yunani, cina dan india.

                Perbedaan dalam memandang sehat, sakit dan sembuh pada setiap kebudayaan tidak boleh dilihat sebagai kekurangan yang menyulut ketidak pedulian. Akan tetapi perbedaan tersebut harus dijadikan pijakan bahwa sehat, sakit dan sembuh adalah bagian dari kehidupan manusia yang memiliki cakupan yang sangat luas. Dan akan sangat terbatas sekali jika kita beranggapan bahwa kesembuhan hanya akan didapat dengan cara cara tertentu “modern” tanpa melibatkan faktor kebudayaan dan keyakinan.

                Artikel ini akan memberikan gambaran tentang penyebab penyakit menurut kebudayaan cina yang mungkin akan berbeda dengan yang kita pahami sesuai kedokteran konvensional. Menurut kedokteran tradisional cina timbulnya penyakit disebabkan karena empat hal.

                Pertama, Penyebab Penyakit Luar (PPL) atau Eksogen. Maksudnya adalah orang bisa sakit karena pengaruh dari luar (pengaruh lingkungan). Karena pengaruh angin, dingin, panas, lembab, kering dan api. Ke-enam faktor alam tersebutlah yang mempengarui kesehatan kita sehingga kita bisa terserang penyakit. Tentunya jika ke-enam faktor tersebut berada pada keadaan yang tidak normal (extrem).

                Kedua, Penyebab Penyakit Dalam (PPD) atau Endogen. Maksudnya adalah orang bisa sakit karena adanya ganguan atau kerusakan pada organ – organ dalam. Gangguan atau kerusakan pada organ – organ dalam ini dipengarui oleh emosi atau perasaan; Gembira, marah, murung, cemas, sedih, takut, dan terkejut. Contohnya, kekegembiraan berhubungan dengan organ jantung, marah dengan organ hati, murung dengan organ paru, cemas dengan organ limpa, takut dan terkejut dengan organ ginjal.

Baca Yang Ini  Kanker Terjadi Akibat Terkumpulnya Darah Kotor

                Ketiga, penyebab penyakit golongan tiga (bukan PPL dan bukan PPD). Penyebab ini terletak pada prilaku. Maksudnya adalah orang bisa sakit karena memilki prilaku yang salah dalam kehidupanya. Prilaku (gaya hidup) yang salah, pola makan yang kurang tepat, dan pengaturan aktifitas yang tidak seimbang bisa menyebabkan penyakit pada tubuh kita.

                Keempat, penyakit karena produk metabolisme tubuh (lendir dan cairan). Penyebab penyakit dikarenakan adanya penumpukan sampah tubuh berupa lendir maupun cairan yang bisa mempengarui kinerja organ tubuh. Masuk dalam penyebab penyakit ini adalah penyakit karena faktor keturunan.

                Begitulah kedokteran tradisonal cina menggolongkan penyabab penyakit. Berbeda dengan kedokteran konvensional bukan?. Karena berbeda konsep penyebab penyakitnya, terapinya juga berbeda. Beberapa penyakit ada yang ditusuk jarum, ada yang dipanasi dengan bara, atau cukup dipijat dan beberapa penyakit lain dengan terapi yang berbeda pula.

Penyebab Penyakit Dalam Kedokteran Tradisonal Cina
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *