Mari Banyak Gerak, Sering Tertawa dan Cukup Istirahat

Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit kronis adalah banyak bergerak dalam keseharian anda. Kadar kolesterol pasti turun, walau hanya dengan sedikit berolahraga. Tidak usah berpikir bahwa anda harus meluangkan waktu khususuntuk melakukannya. Anda bisa naik tangga daripada menggunakan lift. Anda bisa memindahkan lift. Anda bisa memindahkan saluran TV langsung di TV daripada menggunakan remote control. Semua gerakan itu mudah dilakukan.

Penderita hipertensi akan merasakan efek samping jika berolahraga terlalu berat. Sebaliknya, lakukanlah gerakan ringan. Olahraga yang paling bagus adalah berjalan kaki. Namun, jangan sampai anda kelelahan. Sebaiknya lakukan aktivitas yang membuat anda rileks, seperti meditasi atau olahraga ringan.

macam - macam aktifitas
macam – macam aktifitas

Yang terpenting, lakukan  olahraga secara rutin. Anda bisa naik gunung atau berjalan kaki di hutan atau taman kota rindang. Aktivitas semacam itu dapat membuat anda menghirup lebih banyak oksigen dan membantu membersihkan darah.

Jalan pintas yang sehat adalah dengan tidur nyenyak di malam hari. Manusia lebih sering melawan gravitasi daripada binatang karena manusia banyak beraktivitas sambil duduk atau berdiri. Tulang menopang berat badan anda dan jantung juga terus berdetak. Darah diproduksi di sum-sum tulang dengan menggunakan oksigen dan energi yang masuk ke dalam tubuh. Darah bisa terbentuk di sumsum tulang jika anda mengistirahatkan tulang dengan dengan berbaring. Resiko terkena penyakit dan gangguan metabolisme akan meningkat jika anda tidak bisa tidur nyenyak. Sistem metabolisme tubuh orang sakit akan menurun jika anda tidak bisa tidur nyenyak. Sistem metabolisme tbuh orang sakit akan menurun jika dia tidak bisa tidur nyenyak. Hal ini mengakibatkan dia tidak bisa segera sembuh.

Baca Yang Ini  Lima Penyebab Naiknya Tekanan Darah

Anak-anak perlu tidur selama 10-12 jam sehari. Sementara, orang dewasa memerlukan waktu 7-9 jam sehari. Dngan begitu, 100 triliun sel bisa terbentuk lagi dengan sempurna dan metabolisme tubuh bisa terbentuk secara normal. Kita akan mengalami penuaan atau menderita suatu penyakit jika tidak mengistirahatkan tulang. Manfaatkanlah waktu tidur siang anda jika anda hanya bisa tidur selama 6 jam pada malam hari. Anda juga bisa tidur hanya dalam waktu 7 jam sehari. Memang ada orang-orang yang bisa tidur 3-4 jam sehari. Namun, kemungkinan besar itu karena dia bisa tidur nyenyak dengan mudah.

Lama waktu tidur memang penting. Namun, jauh lebih penting untuk menerapkan pola tidur yang teratur demi kesehatan. Jika anda terjaga sampai larut malam. Saraf parasimpatik menjadi tegang dan bisa terganggu. Sebaiknya, tidurlah sekitar jam 10-11 malam dan bangun sekitar jam 5-7 pagi.

Anda bisa menaruh segelas air putih di samping tempat tidur untuk diminum setelah bangun pagi. Selama kita tidur, sekitar 1 liter cairan dibuang melalui keringat dan panas. Dampaknya, cairan di darah berkurang dan darah pun mengental. Hal ini menyebabkan peredaran darah  tidak lancar. Ada kemungkinan anda bisa mengalami stroke mendadak pada pagi hari. Namun, stroke bisa dicegah dengan minum secukupnya. Sangat penting agar anda rileks dan memberanikan diri menjalani pengobatan penyakit kronis. Anda menerapkan metode yang sesuai untuk anda sendiri agar bisa rileks, seperti dengan berolahraga, melakukan hobi yang anda gemari, cukup istirahat, bepergian, berjalan-jalan, dan naik gunung.

Ada ungkapan yang menyatakan “penyakit berawal dari pikiran”. Biasanya, kaum pria mengalami stress karena pekerjaan, sedangkan wanita stress katrena beban psikologi atau penderitaan hidup. Namun, kondisi itu tidak bisa berubah sendiri jika anda tidak mancari solusinya. Anda perlu menerima kondisi itu dan bertekad untuk hidup bahagia. Orang dapat hidup sehat jika dia dapat mengontrol pikirannya. Anda harus menjalani hidup dengan positif, walau hanya dengan tertawa. Sering tertawa lebih bagus pengaruhnya daripada minum obat karena tertawa dapat membuat daya tahan tubuh meningkat (Dr. Sun Jae-kwang).

Baca Yang Ini  Terapi Stroke Mandiri dengan Herbal

Mari Banyak Gerak Sering Tertawa dan Cukup Istirahat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *