Usaha Kesembuhan Osteoporosis

Pengertian:

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang mengalami pengapuran (berkurangnya masa tulang). Pengapuran ini disebabkan oleh banyak hal, bahkan sampai sekarang belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya pengapuran tulang. Ada beberapa faktor resiko yang dihubungkan dengan osteoporosis diantaranya; kurangnya olahraga dalam jangka waktu yang panjang, pola makan yang tidak baik (tidak seimbang), dan pembedahan tulang.

Keluhan Utama

Adanya nyeri, bengkak dan inflamsi (peradangan) pada bagian yang mengalami osteoporosis.

Progres Penyakit

Keadaan tulang bisa berubah bentuk atau posisi, keadaan terburuk adalah tulang yang mengalami osteoporosis bisa mengalami fraktur atau patah tulang.

Perawatan  & Kesembuhan

Masalah : Rasa nyeri

Perawatan rasa nyeri terutama dengan obat – obatan pereda nyeri atau analgesik. Akan tetapi ini bukan obat untuk menghilangkan penyebab nyeri, hanya mengurangi rasa nyeri. Penggunaan obat yang terlalu sering bahkan pada tingkat ketergantungan kurang baik bagi kondisi tubuh. Perlu diusahakan meredakan nyeri dengan terapi lain, bisa berupa kompres air hangat, sentuhan atau yang lain.

Masalah : Resiko Fraktur (patah tulang)

Keluarga dan pasien perlu kewaspadaan lebih agar resiko jatuh dapat dikurangi. Bisa dengan memasang pegangan di daerah yang rawan jatuh, seperti di kamar mandi. Pilihkan alat bantu gerak yang sesuai dengan dengan kemampuan pasien. Salah menggunakan alat bantu bisa meningkatkan resiko jatuh. Konsultasi ke perawat keluarga Anda.

Masalah : Tidak bisa berjalan atau mobilitas

Jika terjadi kelumpuhan atau keterbatasan gerak. Maka pahamkan pasien tentang konsep kesembuhan yang sebenarnya. Salah satunya adalah, kesembuhan adalah kita bisa melakukan kegiatan keseharian kita dengan kemampuan semaksimal mungkin, meski kita dalam keadaan berbaring di tempat tidur. Aktifkan penderita dengan aktifitas bermanfaat dan jangan biarkan mereka pasif pasrah.

Masalah : Keputusasaan (stress)

Beri dukungan penderita dengan kalimat – kalimat positif dan dekatkan mereka dengan Allah agar kualitas spiritual membaik sehingga bisa bersabar atas kondisi yang dialami.

Masalah : Keterbatasan perawatan di rumah

Jika Keluarga mengalami keterbatasan dalam merawat di rumah, maka rumah perawatan bisa menjadi solusi. Bisa didaftarkan di rumah perawatan terdekat, dengan pilihan jadwal yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pagi sampai sore atau full 24 jam.

Pilihan Terapi Pendukung

Terapi suhu, terapi lintah, terapi herbal, dan terapi bekam bisa menjadi terapi pendukung untuk mendukung kesembuhan pasien dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Perawatan & Kesembuhan

Marisembuh.com

085867130901

 

Usaha Kesembuhan Osteoporosis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *