Tiga Hal Negatif yang Sering Menyerang Lansia

Hidup sejatinya adalah perjalanan. Setiap perjalan pasti ada perpindahan, dan perpindahan syarat dengan perubahan. Di usia lanjut ada banyak hal perubahn – perubahan yang terjadi, baik perubahan fisik maupun perubahan psikologis. Perubahan – perubahan tersebut jika disikapi dengan baik akan memberika suasana positif dalam jiwa akan tetapi jika disikapi dengan buruk maka akan tumbuh suasana negatif dalam hati. Perasaan negatif yang sering timbul pada lansia karena perubahan pada dirinya diantaranya tiga berikut ini;

  1. Merasa Tidak Berguna

Biasanya orangtua yang sudah lanjut usia akan merasa tidak berguna lagi untuk kehidupan, baik untuk kehidupan pribadinya atau masyarakatnya. Mereka beranggapan bahwa orang – orang disekitarnya tidak lagi membutuhkanya karena mereka sudah lemah. Perasaan seperti ini akan sangat berbahaya untuk kebahagiaan lansia, karena lansia yang merasa tidak berguna biasanya akan memilih gaya hidup pasif dan menutup diri dari semuanya.

  1. Putus Asa

Putus asa sering mendera semua orang tua di masa – masa akhir hidupnya. Mereka mulai membayangkan hal – hal  negatif yang pernah mereka alami selam hidupnya, kemudian mereka berputus asa akan hal tersebut. Sebaiknya tetap berusaha untuk melibatkan mereka dalam berbagai aktifitas harian agar mereka merasa hidupnya berarti sehingga rasa putus asapun tiada.

lansia yang terabaikan rentan putus asa
lansia yang terabaikan rentan putus asa
  1. Malu & Menari Diri

Tak jarang juga rasa malu dan menarik diri dialami oleh orang tua lanjut usia. Mereka malu dengan kondisi kelemahan. Mereka sering membandingkan, dulu saya kuat sekarang lemah, dulu saya begitu sekarang begini. Hingga akhirnya mereka menemukan kelemahan dalam dirinya. Sampai pada batas puncak kemaluanya, mereka akan memilih untuk menarik diri (menghindari orang) agar rasa malunya mendapatkan pelampiasan.

Baca Yang Ini  Pusat Perawatan Lansia, Apa Fasilitas Perawat Lansia Jogja?

                Hidup adalah perjuangan, menjadi orangtua juga perjuangan. Mari berjuang agar kehidupan kita selalu bermanfaat, bahagia, dalam kondisi apapun. Mari kita jaga orangtua kita dari perasaan – perasaan negatif tersebut.

Senior Center Indonesia

“Pusat Perawatan Lansia”

085867130908

Tiga Hal Negatif yang Sering Menyerang Lansia
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *