Tanya Jawab Terapi Bekam

Terapi bekam untuk masyarakat kita adalah hal baru (bagi sebagian), sehingga banyak pertanyaan yang muncul terkait dengan terapi bekam. Disini ada beberapa pertanyaan sekaligus jawaban tentang terapi bekam. Tanya jawab ini ditulis dalam buku bekam sinergi karya dr. Ahmad Ridho dan jawaban pertanyaan juga dijawab oleh beliau.

Pertanyaan :

Mengapa setelah dibekam badan terasa lebih segar dan ringan?

Jawab :

Bekam berfungsi mengeluarkan panas, angin, darah kotor, dan api. Sebelum berbekam keempat hal tersebut membuat energi dan darah tidak mengalir dengan lancar. Hal tersebut ditandai dengan rasa berat dan tidak nyaman dalam tubuh kita. Setelah dibekam, keempat unsur itu keluar dari tubuh, membuat peredaran tubuh lancar, sehi ngga oksigenisasi ke jaringan bagus dan membuat tubuh menjadi segar. Apalagi setelah berbekam pembulu darah akan melebar dan lebih lentur.

Pertanyaan :

Mengapa proses pembekaman lebih sering dilaksanakan pada punggung?

Jawab :

Menurut TCM (kedokteran tradisional cina) area punggung adalah area dengan kandungan energi / panas lebih banyak dibandingkan bagian tubuh depan. Bekam perinsipnya mengeluarkan panas. Sifat panas selelau naik ke atas. Sehingga area bekam yang dipilih adalah bagian atas dan belakang yakni punggung.

Pertanyaan :

Apa makna gelas bekam yang mengembun?

Jawab :

Gelas yang mengembun menandakan unsur angin yang keluar dari tubuh. Karena perbedaan suhu maka terjadi kondesasi, akhirnya angin tersebut mengembun. Semakin banyak embun menanadakan patogen angin di dalam semakin banyak.

Pertanyaan :

Lebih baik mana bekam sayat (menggunakan silet bedah) atau jarum?

Jawab :

Menurut thibbun nabawi, Rasulullah menganjurkan menggunakan sayatan. Kelebihan sayatan dibandingkan tusukan menurut modern medicine adalah sbb;

  • Pembuatan luka di dalam dunia medis yang paling baik adalah denga sayatan, karena penyembuhan jaringannya cepat, tepi dinding luka tertaut dengan rapi.
  • Tidak akan terjadi luka dua kali tusukan pada lubang yang sama karena mempunyai trauma jaringan yang jelek.
  • Dengan sayatan yang tipis maka darah yang keluar adalah benar – benar dari pembulu kapiler di bawah kulit yang tidak melebihi lapisan dermis.

Layanan Terapi dan Konsultasi Kesembuhan & Kesehatan

Terapi Center Marisembuh

SMS/CALL 085867130908

BBM ; 74780F17

Kronggahan II, Rt 01/VI, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

Related Post

Tanya Jawab Terapi Bekam
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *