Care giver atau yang memberi perawatan adalah siapa saja yang berusaha memberikan pelayanan atau memberikan bantuan kepada orang yang sedang sakit. Bantuan yang diberikan bisa banyak hal, yang terpenting adalah mencukupi kebutuhan dasar orang sakit yang tidak bisa dipenuhi sendiri oleh orang tersebut karena sakit.

                Salah satu fungsi atau peran keluarga di saat anggota keluarganya sakit adalah menjadi care giver atau yang memberi perawatan atau memberi bantuan kepada anggota keluarga yang sedang sakit. Harapanya dengan fungsi care giver yang dijalankan oleh keluarga, anggota keluarga yang sedang sakit akan merasakan mendapat dukungan yang cukup dalam menjalani proses kesembuhanya.

                Merawat anggota keluarga yang sakit bukanlah pekerjaan mudah, terlebih apabila penyakit yang diderita adalah penyakit kronis yang memerlukan perhatian khusus dan dalam waktu yang lama. Proses ini akan memakan banyak waktu dan menyerap energi besar. Tidak jarang keluarga akan merasakan keletihan yang berkepanjang sampai pada keterputus asaan.

                Pengalaman kami terlibat dalam proses penyembuhan membuat kami menghargai hubungan antara anggota keluarga yang sedang sakit dengan keluarga yang memberikan perawatan (care giver). Hubungan itu sangat istimewa, tak jarang hubungan tersebut akan berbuah keharuan karena keduanya saling mengingat masa lalu saat mereka bersama menjalani kehidupan. Akan tetapi terkadang karena waktu yang lama, keletihan, dan keputus asaan. Hubungan diantara keduanya menjadi dingin dan nampak tidak menggairahakan, terkadang sebatas memenuhi tanggung jawab sosial saja.

                Menjaga hubungan anggota keluarga yang sakit dengan keluarga yang memberikan perawatan agar tetap harmonis, saling menguatkan, saling percaya dan saling mendukung perlu terus diusahakan. Meskipun banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusahakanya, yang terpenting adalah sikap untuk saling memberi harapan. Saling memberikan harapan, keluarga yang sakit memberi harapan pada yang merawat dan yang merawat memberi harapan pada anggota keluarga yang sakit. Hingga akhirnya keduanya sama sama kuatnya dalam menjalani ujian Allah dalam usaha mencari penyembuhan. Dan perjalanan mencari kesembuhanpun akan berbuah berkah dan kebahagiaan.

Merawat; “Saling Memberi Harapan”
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *