Dalam terapi jarum atau terapi akupuntur ada beberapa istilah yang digunakan dalam proses terapinya. Istilah – istilah ini berhubungan dengan proses kerja terapi tradisonal ini. Mengetahui istilah – istilah ini akan membuat kita semakin memahami manfaat akupuntur. Sedang untuk pasien mengetahui istilah dalam terapi akupuntur akan menambah kenyamanan dalam terapi dan mengurangi rasa kekawatiran. Selain itu membuat pasien akan mudah berdiskusi dengan terapis akupuntur yang sedang menterapi mereka. Berikut istilahnya.

  1. Sensasi Deqi (The Chi)

Deqi secara awam adalah rasa yang timbul setelah jarum dimasukan. Rasa ini beranekam macam, dari berupa rasa penuh, rasa baal, rasa nyeri tumpul, rasa hangat, rasa nyeri menjalar, dll. Dalam beberapa metode terapi akupuntur mendapatkan rasa deqi adalah keharusan, karena dengan terjadinya deqi berarti penterapis telah memilih titik yang tepat dalam terapinya. Dalam beberapa kasus deqi tidak diperbolehkan karena akan menguras banyak energi.

 

  1. Ah shi Points

Ashi point atau yang diistilahkan dengan trigger point dan tender points adalah titik yang memiliki sensitifitas lebih jika di tekan. Sehingga jika titi tersebut ditekan pasien akan merasakan sakit, hingga disitilahkan dengan ah shi (pasien mengtakan ah sakit) jika point tersebut ditekan. Titik ini bisa jadi ada pada jalur meridian akupuntur atau berada di luar jalur akupuntur. Untuk mencari titik ini anda bisa menekan – nekan bagian merdian akupuntur dan sekitarnya, pilih yang menimbulkan rasa sakit maka itulah ah shi point. Ah shi point biasa digunakan untuk terapi nyeri.

 

  1. Dry Needling atau jarum kering

Metode penjaruman pada terapi akupuntur untuk kasus – kasus analgesia atau pada kasus – kasus nyeri.

Baca Yang Ini  Tempat Terapi Stroke di Jogja
istilah akupuntur
istilah akupuntur

 

  1. Propagation Sensation Along the Channels (PSC)

Rasa penjalaran nyeri tumpul, penuh, hangat sepanjang meridian setelah rangsangan titik akupuntur. Dalam bahasa awam sensasi ini seprti rasa nyeri ringan yang terus berjalan di sekitar garis meridian. Rasa nyeri ini tidak begitu kuat dan biasanya akan hilang setelah lima sampai sepuluh menit.

 

Ajak terapis anda untuk diskusi dan dapatkan pelayanan yang terbaik. Aman, Nyaman, dan Efektif. Salam Kesembuhan. Tabib Muda, Jarum Emas Jogja.

Perawatan dan Terapi Komplementer

MARI SEMBUH

0858-6713-0908

Mengenal Istilah Dalam Akupuntur
Tag pada:                            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *