Mengapa Biaya Perawat Lansia di Jogja terkesan mahal, ini beratnya merawat lansia.

Mengapa Biaya Perawat Lansia di Jogja terkesan mahal, ini beratnya merawat lansia. Pada umumnya merawat itu bukanlah pekerjaan mudah. Meskipun terlihat mudah oleh sebagian orang, jika mereka mau mencoba kemungkinan tidak akan betah dalam waktu lama kalau tidak sabar. Beratnya merawat lansia disebabkan oleh beberapa hal, beberapa alasan kenapa beban merawat itu berat antara lain.

  1. Manusia itu holistik

Tidak seperti septu, mobil, rumah atau sebagainya, manusia adalah makhluk holistik yang paling pinter dan paling kompleks sisi sisi kehidupanya. Manusia punya sisi biologis, punya sisi psikologis, punya sisi spritual, punya sisi budaya, punya sisi sosial dll. Ketika kita merawat manusia beraarti harus merawat semuanya sisi itu. Karena semua sisi tersebut punya kebutuhan yang harus dicukupi. Bisa dibayangkan betapa besar tantangan mencukupi smeua kebutuhan dalam sisi tersebut manusia?.

  1. Merawat itu mengembangkan bukan hanya yang penting ditunnggu.

Meskipun pasien kita lansia, yang namanya merawat itu menumbuh kembangkan. Terus menjadikan ,tumbuh dan berkembang sesuai dengan tugas dan fungsi pertumbuhanya. Lansia memiliki kebutuhan akan sosial, penghargaan, dan kasih sayang yang tinggi. Bagaimanna mengusahakan? Dengan interaksi dan komunikasi terapeutik tentunya. Anda bisa membayangkan beratnya jika harus ngomong dengan lansiakan?.. terlebih bukan untuk 1-2 jam, tapi 8-12 jam, atau bahkan 16 jam?…ini yang membuat berat.. mengembangkan, menghargai, dan mengkomunikasikan rasa pada orangtua.

  1. Harus standby. “Waspada setiap saat”.

Lagi – lagi manusia, yang butuh perawatan dan pengawasan. Kita butuh terus terjaga untuk merawatnya, terkadang mereka butuh ini butuh itu dalam waktu yang tidak menentu. Klau kita tidak terjaga, bisa jadi pasien marah, dan kondisi psikisnya berubah hingga kondisinya bisa lebih buruk. Belum lagi kalau keadaan yang membutuhkan tindkan yang segera, akan repot kalau perawatnya tidak terjaga.

  1. Perawatan selalu melibatkan keluarga atau orang yang lebih banyak

Proses ini yang terkadang juga sangat melelahkan. Kita dituntut untuk berinteraksi dengan orang lain dalam proses perawatan. Bisa keluarga pasien, bisa teman pasien yang berkunjung,  atau yang lainya. Terlebih lagi jika keluarga pasien termasuk keluarga yang kurang nyaman dalam berinteraksi,, hal itu akan sangat memberatkan.

Beberapa point diatas adalah alasan mengapa banyak care giver yang kurang bersedia jika digaji dengan gaji yang kurang pas. Mungkin saja bagi mereka, beban kerja tidak sebanding dengan pekerjaan yang sedang dijalani.

perawatan yang berat membuat biaya perawat lansia di jogja terkesan tinggi
perawatan yang berat membuat biaya perawat lansia di jogja terkesan tinggi
Mengapa Biaya Perawat Lansia di Jogja terkesan mahal?
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *