Manfaat Terapi Bekam

Terapi bekam memang belum banyak ilmuan yang meneliti tentang efektifitasnya. Akan tetapi ini bukan berarti terapi bekam tidak memliki manfaat. Kalau kita lihat periwayatan dari bebagai sumber kita akan menemukan manfaat terapi bekam yang telah menyembuhkan ribuan penyakit dan telah dipakai sejak ribuan tahun yang lalu.

               Dalam beberapa periwayatan Rasulullah memberikan penekanan tentang manfaat terapi bekam untuk meyembuhkan penyakit. Diantaranya;

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah bersabda, “Sebaik – baiknya orang adalah yang melakukan bekam hingga mengeluarkan darah, meringankan tulang belakang, dan mempertajam pendengaran”.

Dalam hadist marfu’, Rasulullah bersabda, “Hendaklah kamu berbekam  pada tengah – tengah qamahduah karena itu dapat menyembuhkan penyakit.”

Thabrani meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, “ Hendaklah kalian melakukan pegobatan dengan hijamah (terapi bekam) di qamahduah, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari tujuh puluh dua penyakit dan lima penyakit, yakni gila, kusta, plangka, vitiligo, dan sakit gigi.”

                Riwayat – riwayat tersebut memberikan kata kunci kepada kita bahwa terapi bekam dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Meskipun dalam periwayatan tersebut tidak disebutkans secara jelas atau detail tentang penyakit apa, bagaiamana mekanisme penyembuhanya, seberapa efektifitasnya. Hal tersebut bukanlah kekurangan, melainkan kesempatan bagi kita untuk menggalai lebih jauh dan meneliti lebih dalam tentang manfaat bekam untuk penyembuhan. Pembelajaran dan penelitian yang diniatkan bukan untuk meragukan riwayat tersebut, tetapi pemebelajaran dan penelitian dengan keyakinan akan kebenaran sabda nabi. Sehingga hasilnya akan memperkuat keyikinan kita tentang nabi dan kabar yang dibawanya.

                Bebeberapa penelitian yang telah dilakukan akhir akhir ini membuktikan bahwa bekam memang memilki manfaat dalam pemeliharaan kesehatan dan kesembuhan. Penelitian – penelitian tersebut menjelaskan mekanisme bekam kenapa bisa memberikan pengaruh pada kesembuhan dan kesehatan tubuh kita. Salah satu diantaranya adalah menguatnya pertahanan tubuh kita setelah menjalankan terapi bekam.

Layanan Terapi dan Konsultasi Kesembuhan & Kesehatan

Terapi Center Marisembuh

SMS/CALL 085867130908

BBM ; 74780F17

Kronggahan II, Rt 01/VI, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

Related Post

Manfaat Terapi Bekam
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *