Mahasiswa Dengan Gangguan Psikosomatis

Seorang mahasiswa PGSD di salah satu univesitas negeri di Yogyakarta datang ke klinik dengan keluhan; Sering berimimpi buruk, merasakan nyeri di sekitar tengkuk, merasa minder tidak percaya diri, lebih senang mengurung diri di kamar, takut berinteraksi dengan orang lain, selalu merasa lemas dan tidak beresemangat menjalani hidup, pikiran sering blank out dan tidak fokus.

gangguan psikosomatis
gangguan psikosomatis

Keluhan tersebut dirasakan lebih dari setengah tahun yang lalu. Pasien menyampaikan bahwa apa yang dia keluhkan merupakan turunan dari bapaknya. Semua keluahan tersebut bertambah berat ketika pindah ke Jogja (Asal jawa timur).

Setelah merasa puas menyampaikan keluhan kami menganalisa fokus problem. Ditemukan beberapa permasalahan utama. Kebingungan dalam spiritual nampak dari gaya hidup pasien yang kurang memberikan porsi dalam permasalahan spiritual. Kehilangan makna hidup, disimpulkan dari pengkajian bahwa pasien belum benar – benar memberi makna dalam kehidupanya.

Konsultasi berjalan dengan baik yang diikuti gejala – gejala penyerta; rasa ketakutan semakin kuat, merasakan sensasi panas dan tidak tenang. Kami segera fasilitasi pasien untuk terapi doa dengan mengawalinya dengan sholat dua rekaat. Setelah selesai sholat kami bantu dengan doa – doa ruqyah syar’iyyah dari al qur’an dan sunnah. Alhamdulillah keluhan – keluhan berangsur menghilang dan kondisi psikis kembali stabil dengan diikuti pulihnya energy badan sehinggan tubuh terasa lebih ringan.
Alhamdulillah, Allah Yang Menyembuhkan.

Tulus Prasetyo
Jongkang, 13 September 2017

0858-6713-0908

Mahasiswa Dengan Gangguan Psikosomatis
Baca Yang Ini  Manfaat Ruqyah Untuk Pasien Stroke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *