Macam Terapi Bekam

Terapi bekam dapat digolongkan menjadi tiga macam jika dilihat dari mekanisme terapinya. Bekam basah, bekam kering dan bekam api. Macam terapi bekam memilki kefektifitasan masing – masing untuk menangani suatu penyakit. Artinya setiap kasus penyakit tidak sama dalam pelaksanaan terapi bekamnya. Pendapat ini mengacu pada terapi bekam sinergi, sinergi antara konsep hijamah dengan pengobatan modern dan pengobatan tradisional cina.

Dr. Ahmad Ali Ridho dalam bukunya bekam sinergi menjelaskan ketiga macam terapi bekam ini disertai manfaatnya;

1.Terapi bekam basah

Bekam basah adalah proses pembekaman dengan melakukan sayatan untuk mengelurkan darah yang ada di kapiler epidermis. Bekam basah merupakan teknik mengeluarkan patogen (penyebab penyakit) angin, panas, dan api serta darah statis. Bekam basah sangat utama untuk sindrom panas ekses dan sindrom panas ekses yang membuat darah menjadi statis. (sindrom adalah istilah dalam kedokteran tradisional cina).

Terapi bekam basah menngunakan tanduk pada zaman dahulu.
Terapi bekam basah menngunakan tanduk pada zaman dahulu.

2. Terapi bekam kering

Bekam kering adalah pengekopan dengan pompa tanpa mengeluarkan darah. Bekam kering tidak mengeluarkan darah tetapi juga mengeluarkan energi. Maka diperlukan kehati – hatian bagi orang dengan kondisi energi yang lemah.

Terapi bekam kering bisa digunakan untuk mengeluarkan angin yang masuk ke dalam tubuh kita. Bekam macam ini bisa sangat membantu saat kita mengalami masuk angin.

3. Terapi bekam api

Bekam api adalah proses pembekaman dengan bantuan api sebagai media pembuatan ruang hampa udara dalam gelas vakum. Manfaat bekam api (cupping cina/cupping fire) adalah untuk menghangatkan meridian, menyegarkan energi dan sirkulasi darah, membuang lembab dan dingin, mengusir stagnasi darah yang disebabkan patogen dingin atau lemahnya energi, bengkak dan nyeri.

Dalam prakteknya Anda bisa memilih jenis bekam apa yang akan anda gunakan untuk terapi. Konsultasi dengan terapi anda agar terapi bekam yang Anda lakukan efektif dan berdaya sembuh sesuai dengan kondisi penyakit Anda. Sebagai keterangan tambahan, bahwa tidak semua terapis menggunakan penggolongan seperti ini. Diantaranya ada yang menolak bekam kering dan bekam api. Mereka hanya menganggap bahwa bekam yang sebenarnya adalah bekam basah. Sebagai pengguna terapi kita tidak perlu mempermasalahkan itu, yang terpenting bagi pengguna terapi adalah mendapatkan pelayanan terapi yang aman, efektif dan nyaman.

Layanan Terapi dan Konsultasi Kesembuhan & Kesehatan

Terapi Center Marisembuh

SMS/CALL 085867130908

BBM 74780F17

Kronggahan II, Rt 01/VI, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

Macam Terapi Bekam
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *