Lima Penyebab Naiknya Tekanan Darah

Lima penyebab naiknya tekanan darah. Penyebab naiknya tekanan darah memang bermacam –macam. Naiknya tekanan darah seseorang bisa disebabkan karena pengaruh fisik dan psikis. Mengetahui dengan pasti penyebab naikya tekanan darah akan sangat membantu kita untuk mengontrol tekanan darah. Berikut enam penyebab naiknya tekanan darah ;

  1. Obesitas

Tubuh yang semakin besar dan berat membuat jantung bekerja lebih kuat agar bisa menopang kelancaran distribusi darah ke semua organ dan jaringan tubuh. Pembulu darah juga akan mengecil (mengerut) untuk meningkatkan tekanan agar darah bisa mengalir ke semua jaringan. Hal ini yang menyebabkan tekanan darah orang yang mengalami obesitas beresiko naik.

  1. Perbedaan suhu lingkungan yang ekstrem

Perbedaan suhu ruang dengan suhu lingkungan yang sangat ekstrem menjadi faktor resiko naiknya tekanan darah. Misalnya jika kita berada pada suhu ruang sebesar 20°C kemudian kita keluar dan mendapati suhu luar 0°C maka resiko tekanan darah naik akan lebih tinggi. Karena suhu udara yang rendah memacu pembulu darah untuk bekontraksi, membuat pori – pori menuntup sehingga mempengarui kinerja peredaran darah. Sehingga tekanan darah beresiko naik secara tajam.

  1. Merokok

Perlu  diketahui bahwa saat merokok pembulu darah perifer akan berkontraksi atau menyusut secara cepat. Mekanisme inilah yang membuat resiko naiknya tekanan darah dalam tubuh orang yang merokok.

  1. Sters berlebih

Kita tidak bisa mengontrol kerja jantung dan tekanan darah karena keduanya diatur oleh syaraf otonom. Sraf otonom terdiri dari saraf simpatik dan parasimpatik. Saraf simpatik mengatur naiknya tekanan darah dalam tubuh. Jika kita mengalami stress berlebih, marah , gelisah, galau dalam waktu berkepanjangan secara alamiyah tubuh akan mengimbanginya atau menyesuaikanya dengan meningkatkan tekanan darah.

  1. Mengejan saat buang air besar
Baca Yang Ini  Layanan Terapi Bekam di Jogja Yang Bisa Dipesan

Proses mengejan saat bang air besar meningkatakan tekanan darah. Inilah alasan kenapa orang dengan gangguan jantung tidak diperbolehkan mengejan keras saat buang air besar.

Dengan mengetahui lima penyebab naiknya tekanan darah kita bisa lebih waspada untuk mengontrol tekanan darah kita agar tetap stabil dan normal.

 

Lima Penyebab Naiknya Tekanan Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *