Culture-1Kesembuhan dalam prespektif yang lebih luas masuk dalam aspek sosial budaya. Selain karena dimensi kesembuhan yang sangat luas (mind,body, soul), cara menyembuhkan adalah suatu produk dari masyarakat yang belajar untuk menyelasaikan problem kesehatanya. Tak heran kalau kita pelajari suatu budaya pasti akan kita temukan produk kesembuhan berupa benda, cara, dan keyakinan tertentu. Terkait besar kecilnya tentunya tergantung dari kuat lemahnya masyarkat tersebut menggali dan menjaga produk kesembuhan yang telah ditemukanya. Beberapa contoh kesembuhan adalah produk suatu budaya diantarnya.

  1. Cina

Salah satu kebudayaan yang memilki produk kesembuhan yang kuat adalah kebudayaan cina. Cina memilki metode kesembuhan yang lahir dari kebudayaan mereka sendiri. Kita sering mengenalnya dengan TCM “Traditional Chinese Medicine”. TCM merupakan sebuah sistem yang memilki pondasi kokoh, filsafat ilmu yang jelas, dan konsep yang sudah teruji selama ratusan tahun. Kekuatan TCM bisa terus exsis sampai ke abda 21 ini adalah karena keyakinan, kebanggaan, dan kepedulian masyarakat cina terhadap metode pengobatan warisan nenek luhur mereka.

 

  1. India

India sebagai salah satu peradaban besar di dunia pada zaman dulu memiliki konsep kedokteran sendiri yang lahir sesuai dengan pandangan peradaban tersebut terhadap sehat dan sakit. Pengobatan dan penyembuhan dengan menggunakan mantra dan herbal ramuan menjadi andalan kesembuhan kebudayaan ini. Bahkan sampai saat ini kita masih temukan beberapa ramuan herbal yang dijaul dengan menyertakan keterangan “ramuan herbal india”. Meski kurang tersebar secara global , ramuan herbal dan mantra memilki tempat khusus di hati masyarakat keturunan india jika mereka terkena penyakit.

 

  1. Nusantara

Nusantara (indonesia) pada zaman kerajaan termasuk peradaban yang disegani. Kesuburan tanah dan kekayaan laut menjadikan nusantara kala itu penuh keberlimpahan bahan baku untuk membuat berbagai macam ramuan. Meski tidak sekuat kedokteran tradisonal cina, konsep penyembuhan nusantara sudah cukup memberikan gambaran bahwa peradaban melayu ini punya cara sendiri untuk menyembuhkan. Banyak sumber yang telah menyatakan bahwa ramuan nusantara memilki khasiat dan kebermanfaat dalam penyembuhan. Meskipun hal ini harus terus dikaji karena sedikitnya literatur pengobatan ala nusantara.

Baca Yang Ini  Dakwah Kesembuhan!. “Agar Bahtera Tak Tenggelam”

 

  1. Peradaba berasas Islam

Peradaban yang lahir dari rahim agama islam juga memiliki kebudayaan kesembuhan yang unik dan khas. Unik karena peradaban islam mampu menerima semau jenis pengobatan yang bermanfaat untuk pemeluknya. Khas karena hanya penyembuahan yang halal dan thayib (baik) menurut pandangan islam yang boleh untuk penyembuahan pemeluknya. Sehingga budaya kesembuhan islam terlihat lebih beraneka ragam dengan terus mengedepankan keyakinan akan kehalalan dan kebaikan proses penyembuhan agar hasilnya maksimal.

Ulasan di atas hanya beberapa bukti bahwa kesembuhan adalah produk sosial budaya. Sebuah produk yang lahir karena dorongan untuk menyelesaikan problem sehat – sakit dalam masyarakat. Karena ini adalah budaya, sedang budaya adalah hasil percampuran rasa, cipta, dan karsa suatu kelompok manusia. Maka menghormati hasil budaya adalah bentuk penghoramatan atas manusia. Meskipun sikap menghormati yang propusional juga harus tetap dijaga sesuai dengan nila dan keyakinan kita. Terlebih kesembuhan itu tidak sekedar hilangnya rasa nyeri dan hilangnya bengkak tapi tentang bagaimana seseorang bisa memiliki makna dalam kehidupanya sesuai nilai dan keyakinanya dalam sehat dan sakit.

Kesembuhan “Budaya Masyarakat”
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *