Cara Menghilangkan Was Was

                Penyakit waswas adalah penyakit yag menimpa jiwa dan berpengaruh pada badan. Penyakit ini seringkali disebabkan karena kekosongan pikiran dan jiwa seseorang. Jiwa yang kosong dari kesungguhan beraktifitas rentan sekali dengan waswas. Agar sembuh dari penyakit ini perlu diupayakan dengan sungguh – sungguh penanganya, baik secara pribadi maupun terapi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan secara pribadi dalam mengatasi waswas.

cara menghilangkan was was
cara menghilangkan was was
  1. Acuhkan

Berusaha untuk mengacuhkan dan tidak mempedulikan bisikan atau waswas ketika dia muncul. Harus menyakini dengan kuat bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang penting dalam dirinya. Jiwa harus diistiqomahkan untuk acuh pada waswas dan tetap fokus pada aktivitas yang dijalani, baik dalam aktifitas kerja maupun ibadah. Hal ini adalah cara yang paling utama dalam mengurangi rasa waswasa dalam diri.

  1. Mendekat Kepada Allah

Adanya waswas harus dilawan dengan mengusahakan faktor – faktor yang bisa mengurangi gejala tersebut. Faktor utama yang harus diusahakan adalah mendekat kepada Allah. Ketaqwaan kita dan amal shaleh akan melindungi kita dari rasa waswas yang seringkali ditiupkan oleh setan dan bangsa jin. Keyakinan akan kekautan Allah harus terus dibangun. Allah adalah dzat yang Maha Kuat dan berkuasa atas apapun. Jika Allah menginginkan sesuatu, pasti akan sangat mudah bagiNya. Termasuk juga memberikan kesembuhan dari rasa waswas.

“Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah!’Maka jadilah sesuatu itu.” (Yasin:82)

  1. Sunguh – sugguh dalam menjalani aktifitas

Kesungguhan dalam menjalani aktifitas kerja maupun ibadah akan membuat hati berkonsentrsi dengan apa yang sedang dilakukan. Hal ini akan menguatkan hati dan menutup pintu – pintu waswas. Kesungguhan hati akan membuat pikiran terlupakan dengan rasa waswas yang selalu menganggu dalam setiap aktifitas.

  1. Kesadaran untuk tidak putus asa

Pemahaman dan kesadaran yang harus dibangun adalah hal semcam waswas juga telah menimpa orang – orang yang terdahulu dari golongan orang –orang shaleh. Waswas menimpa mereka dan merekapun bersabar akan hal tersebut dibarengi dengan terus mengusahakan kesembuhanya. Karenanya nabi memerintahkan kita untuk berlindung dari waswas karena hal tersebut juga pernah dialami oleh para sahabat nabi. Dengan kesadaran ini kita tidak akan mudah berputus asa dalam proses penyembuhan dari rasa waswas.

 

Cara Menghilangkan Was Was dalam Islam
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *