Canthuk, Terapi Bekam Khas Madura

               Terapi bekam khas madura. Terapi bekam seperti pernah kita jelasakan adalah terapi yang legendaris. Terapi yang sudah ada sejak peradaban mesir kono dan bisa bertahan sampai sekarang. Sudah jalan, keberadaan terapi ini sampai sekarang cukup membahasakan bahwa terapi ini memiliki kebermanfaatan yang banyak. Kondisi ini senada dengan firma Allah dala Al Qur’an, “yang baik (bermanfaat) akan tetap ada bersama manusia”.

                Di Indonesia terapi bekam sudah dikenal sejak zaman dahulu. Belum diketahui dengan pasti apakah terapi bekam masuk ke Nusantara melalui penyebaran agama Hindu yang dibawa dari India atau masuk melalui penyebaran agama islam yang dibawa oleh para pedagang arab. Yang pasti terapi bekam sudah masuk ke nusantara dan sudah dipakai oleh masyarakat. Bahkan terapi ini bekam digunakan sebagai pengobatan pada daerah – daerah tertentu di Indonesia. Salah satunya adalah Madura.

Di Madura terapi bekam sudah dikenal akrab oleh masyarakat. Terapi bekam di Madura menggunakan tanduk sebagai alat pembekam. Karena alatnya adalah tanduk maka terapi bekam di madura sering juga disebut dengan terapi canthuk. Terapi bekam canthuk menggunakan tanduk kerbau yang sudah dibentuk dan disesuaikan agar bisa digunakan sebagai alat bekam.

terapi bekam tanduk
terapi bekam tanduk

Pada dasarnya terapi canthuk memakai perinsip terapi bekam. Perbedaanya adalah terapi canthuk tidak sampai pada fase perlukaan pada kulit yang sudah dibekam. Terapi canthuk hanya berupa pengekopan saja. Metode seperti ini sangat bagus untuk klien atau pasien yang memiliki sindrom dingin dan butuh tambahan energi panas.

Layanan Terapi dan Perawatan Kesembuhan & Kesehatan

Terapi Center Marisembuh

SMS/CALL 085867130908

BBM 74780F17

Kronggahan II, Rt 01/VI, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

 

Canthuk, Terapi Bekam Khas Madura
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *