6 Karakteristik  Dasar Pengobatan Islam

pengobatan islam
pengobatan islam

                Sesungguhnya setiap manhaj (metode) pengobatan memiliki ciri atau karakter, berikut adalah 6 karakteristik dasar pengobatan islam.

  1. Sesuai dengan ajaran dan adab islam.

Dalam hal ini berarti pengobatan harus sesuai  dengan syariat islam, jika bertentangan dengan syariat islam maka itu bukan pengobatan yang islami.

 

  1. Sesuai dengan logika dalam mempraktikan pengobatan.

Pengobatan islam juga harus berdasar pada keilmiyahan, karena islam dibagun atas keyakinan dan ilmu. Tidak semata – mata keyakinan atau kepercaayaan saja. Akan tetapi perlu ditekankan bahwa logika pengobatan islam adalah logika yang beraasakan keilmuan islam, bukan keilmuan yang sudah terkontaminasi aliran – aliran pemikiran yang bertolak belakang dengan islam.

 

  1. Pendekatan Holistik. Memberikan perhatian yang seimbang kepada tubuh, pikiran, dan jiwa; baik secara individual maupun masyarakat.

 

  1. Pendekatan Universal. Menggunakan semua sarana untuk kemaslahatan orang banyak.

 

  1. Pendekatan ilmiah. Yakni berdasarkan kesimpulan logis yang diambil dari pengamatan yang menyeluruh, statistik yang akurat, dan pengalaman yang dapat dipercaya.

 

  1. Menyempurnakan apa yang tidak dicapai oleh pengobatan – pengobatan lain.

 

Ide – ide ini pertama kali disampaikan dalm konferensi internasional pertama tentang pengobatan islami yang diadakan di kuwait pada bulan januari 1981.

6 Karakteristik Dasar Pengobatan Islam
Baca Yang Ini  Usaha Kesembuhan Osteoporosis
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *